CARA TERBARU MENANAM BUNGA MAWAR

Caraterbaruku.com - Tanaman hias berbunga yang mempunyai nama sama pada tanaman serta bunganya, yaitu bunga mawar. Sampai sekarang ini mawar ada banyak disukai, mungkin sebab tanaman ini gampang didapat, gampang ditanam dan gampang dalam perawatannya. Diluar itu bunga mawar masih tetap mempunyai daya tarik sebab keindahannya dan keharuman aromanya yang ciri khas. Tanaman mawar terbagi dalam 100 spesies lebih yang sejumlah besar tumbuh di bumi belahan utara yang berhawa sejuk. Tanaman bunga mawar walau berduri tapi banyak yang suka pada serta banyak ditanam menjadi tanaman hias yang menarik.

Menanam bunga mawar di pot tidak susah, yang penting ialah tekad serta kemauan untuk belajar. Menjaga tanaman bunga mawar ikut gampang, sebab tidak membutuhkan perlakuan spesial. Yang butuh dilihat ialah mengawasi tanaman supaya tidak kekurangan nutrisi serta air. Nutrisi serta air ialah aspek terpenting buat perkembangan tanaman, sebab bila ke-2 aspek itu tidak tercukupi tanaman akan tumbuh kerdil atau bahkan juga mati. Bagaimanakah cara atau beberapa langkah yang butuh dikerjakan dalam menanam bunga mawar?

Langkah Menanam Bunga Mawar 


Cara Terbaru Menanam Bunga Mawar

1. Persiapan Bibit Bunga Mawar 

Langkah awal dalam menanam bunga mawar ialah menyiapkan bibit. Bila anda ingin praktis ataukah tidak mempunyai cukuplah waktu anda dapat beli bibit bunga mawar yang banyak di jual dalam tempat penjual bunga. Pilih bibit yang bagus, sehat serta tidak berpenyakit. Perbanyakan tanaman bunga mawar umumnya dikerjakan dengan stek. Bila anda ingin membuat bibit sendiri, pilih batang bunga mawar yang cukup sudah tua. Potong memakai pisau yang tajam serta bersih selama kurang lebih 10 cm. Sediakan alat semai berbentuk kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Dinginkan alat semai lewat cara diangin-anginkan saat kira-kira 15 hari. Lalu masukan dalam polybag semai. Tanam stek bunga mawar itu dengan berhati-hati dalam polybag semai. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm lalu masukan stek dengan berhati-hati supaya kulitnya tidak rusak. Tempatkan pada tempat yang terlindung dari cahaya matahari langsung ataupun hujan. Sebab bila umumnya air stek akan membusuk serta tidak tumbuh.

2. Persiapan Alat Tanam Bunga Mawar 


Alat tanam bunga mawar dalam pot ialah kombinasi tanah, pasir serta pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1 : 4. Aduk sampai tercampur rata alat tanam itu serta biarlah saat kira-kira 15 hari. Pupuk kandang yang baik ialah yang telah difermentasi atau pupuk kandang yang telah lama (telah masak).


3. Persiapan Pot Untuk Menanam Bunga Mawar 


Pot untuk menanam bunga mawar dapat memakai pot tanah, pot semen, pot plastik atau polybag. Pilih pot yang mempunyai drainase yang baik. Ukuran pot yang dipakai cocokkan dengan hasrat anda. Akan tetapi janganlah memakai pot yang sangat kecil, pilih pot dengan diameter minimum 25 cm. Janganlah juga memakai pot yang sangat besar, supaya anda tidak kesusahan bila ingin mengalihkan tanaman bunga mawar ketempat lainnya.

4. Langkah Menanam Bunga Mawar 


Basic pot berisi kerikil atau pecahan genting supaya air gampang keluar serta alat tanam tidaklah terlalu lembab atau becek. Diatasnya berisi alat tanam sekitar 1/2 dari tinggi pot keseluruhnya. Membuka polybag pembibitan dengan berhati-hati supaya alat tidak pecah. Lalu bibit di tempatkan ditengahnya pot serta imbuhkan alat tanam sampai alat semai tertutup. Upayakan supaya pangkal batang tidak tertutup alat tanam. Lalu tekan – tekan alat tanam dengan perlahan-lahan supaya bibit bunga mawar bisa berdiri tegak serta tidak rubuh waktu disiram. Sesudah penanaman tuntas, siram tanaman serta tempatkan pot pada tempat yang tidak terserang cahaya matahari langsung atau tempat yang terlindung supaya tanaman menyesuaikan. Sesudah kira-kira 1 minggu, perkenalkan tanaman bunga mawar dengan cahaya matahari dengan setahap.

5. Perawatan & Pemeliharaan Bunga Mawar 


Perawatan serta pemeliharaan tanaman bunga mawar dalam pot mencakup penyiangan serta penyiraman. Siram tanaman sekedarnya saja, dapat satu atau 2x satu hari. Penyiraman sesuai dengan keadaan alat tanam. Janganlah menyiram terlalu berlebih, alat tanam yang sangat lembab bisa mengakibatkan akar tanaman bunga mawar membusuk serta mati. Penyiangan ikut butuh dikerjakan supaya tanaman bunga mawar tidak terganggu oleh rumput liar.

6. Pemupukan Tanaman Bunga Mawar Dalam Pot 


Supaya tanaman tumbuh subur serta bisa berbunga, beri pupuk menjadi sumber nutrisi. Pemupukan dapat memakai pupuk kandang, triknya dengan menaburkan segenggam pupuk kandang di tepi pot. Upayakan pupuk kandang tidak menyentuh batang tanaman bunga mawar. Diluar itu juga bisa dengan pupuk NPK, triknya dapat dikerjakan bertepatan dengan penyiraman. Larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 5 liter air, lalu kocorkan 200 ml per tanaman. Pemupukan dapat dikerjakan tiap-tiap 15 atau 20 hari sekali.

Demikian Caraterbaruku.com langkah menanam bunga mawar dalam pot. Untuk mengirit pupuk, anda dapat juga manfaatkan sampah dapur menjadi pupuk tanaman bunga mawar. Anda dapat memakai ampas teh atau air cucian beras(air leri) menjadi pupuk organik. Ampas teh yang telah dingin ditaburkan di sekitar tanaman, sedang air leri dapat di terapkan dengan penyiraman atau penyemprotan kedaun tanaman

0 Response to "CARA TERBARU MENANAM BUNGA MAWAR"

Post a Comment