CARA TERBARU TERNAK AYAM PETELUR

Ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang bisa membuahkan telur, Telur yang dihasil banyaknya banyak serta dengan terus-terusan, Dengan demikian, ayam type ini bisa dibudidayakan untuk digunakan telurnya untuk di jual.

CARA MENJADI PETERNAK AYAM PETELUR PEMULA

CARA BETERNAK PETELUR

Meskipun sekarang ini banyak peternak ayam petelur baru banyak muncul, Tapi keinginan pasar yang selalu bertambah, Hingga suplai telur kepasarpun belumlah terpenuhi.

Jadi untuk anda yang tertarik untuk budidaya ayam petelur, Masih tetap memiliki kesempatan pasar yang besar sekali. Olahan masakan telur begitu popular dimasyarakat, Dari mulai kelompok bawah sampai kelompok elitpun ikut mengonsumsinya.

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi sekali, Serta untuk mengolahnya jadi makanan sangat sederhana, Tidak hanya jadikan makanan pendamping atau lauk, Telur dapat juga jadikan bahan penambahan membuat kue.

Akan tetapi untuk budidaya ayam petelur pasti mesti tahu kiat-kiatnya yang benar dan baik, Karena itu saya akan menulis artikel mengenai budidaya ayam petelur yang komplet untuk pemula.

Langkah ternak ayam petelur buat pemula 

1. Persiapan tempat/kandang 

Sebelum kita mengawali usaha ternak ayam petelur, Kita mesti menyiapkan kandangnya, Peletakan tempat/kandang harus juga dilihat, Sebab bila tidak pasti akan muncul permasalahan nanti.

Upayakan tempat kandang jauh dari permukiman masyarakat, Mempunyai tujuan untuk hindari berbau yang muncul dari kotoran ayam atau dari ayam tersebut.

Tempat yang jauh dari keramaian dapat juga kurangi kemungkinan stress pada ayam, dan untuk menahan penyebaran wabah penyakit pada manusia.

Yang tidak kalah utamanya ialah tempat bisa dijangkau alat transportasi, Untuk mempermudah pengawasan dan pemeliharaan.

Mengenai type kandang yang bisa dipakai untuk budidaya ayam petelur ada 2 type.

Yang pertama; kandang umparan/koloni,

Kandang mode ini umumnya ialah semua ayam ditempatkan pada sebuah kandang, Kekurangan kandang ini ialah telur ayam bececeran di lantai, Hingga perlu waktu lebih lama untuk menghimpun telur-telur yang dibuat.

Yang ke-2; kandang baterei,

Kandang mode ini yang sangat banyak dipakai oleh beberapa peternak ayam petelur, Sebab memang dibuat spesial untuk ayam petelur, Supaya mempermudah kita waktu panen/pengumpulan telur.

Kandang baterei ikut diakui bisa tingkatkan produksi telur, Karena ruangan geraknya hanya terbatas, Hingga tidak habiskan daya yang dibuat untuk berjalan, Serta ayam lebih konsentrasi untuk produksi telur.

Kandang mode ini cuma dapat berisi 1 ayam dalam 1 kandang, Agar tidak mengonsumsi tempat, Kandang dapat dibikin bersusun/bertingkat, optimal 4 tingkat.

Upayakan cahaya sinar matahari dapat masuk kekandang, serta perputaran hawa teratur.

2. Penentuan bibit 

bibit ayam petelur

Bibit ayam petelur yang popular di Indonesia ada dua type yakni;

– Ayam ras petelur putih yang memiliki ciri bulu warna putih,telur putih kecoklatan, berat tubuh ayam dewasa seputar 1,7 kg.

– Ayam ras petelur cokelat yang memiliki bulu warna cokelat, telur cokelat, berat tubuh ayam dewasa seputar 2,1 kg, Ayam type ini dikit semakin besar di banding dengan ayam petelur putih.

Akan tetapi ke-2 ayam itu memiliki kandungan nutrisi yang sama pada telur yang dibuat.

Ada banyak hal yang perlu dilihat dalam pilih bibit, Penentuan bibit yang bagus bisa memengaruhi hasil produksi telur yang berkualitas.

Di bawah ini langkah pilih bibit ayam petelur;

Bibit mesti sehat & tidak cacat
Bulu tutup rata
Pertumbuhannya normal
Bibit dari indukan yang unggul/penjual yang terpercaya
Atau bila anda ingin beli bibit dari anakan (DOC/Day Old Chicken) ialah;

Anak ayam dibuat dari induk yg sehat
Bulu tutup rata serta halus
Tidak cacat pada tubuhnya
Nafsu makan bagus
Ukuran tubuh normal
Berat tubuh baik
Tidak ada fases/kotoran pada duburnya
Itu beberapa ciri bibit ayam petelur yang bagus.

3. Pemberian pakan 

Pakan merupakan perihal yang begitu penting dalam budidaya ayam petelur, Supaya memperoleh hasil produksi yang optimal, Berikanlah pakan yang berkualitas, Yang memiliki unsur kandungan protein, karbohidrat, mineral, kalsium dan vitamin, Untuk penuhi keperluan nutrisinya.

Mengenai pakan untuk ayam petelur yang seringkali dikasihkan ialah; Konsentrat,dedak,serta jagung yang telah digiling.

Pakan umumnya dikasihkan 2x satu hari setiap pagi serta sorehari, Dengan ukuran yang cocok, jangan pernah kurang, atau lebih.

Bila pemberian pakan kurang, Maka berimbas di hasil produksi nanti, Serta jika keunggulan maka meningkatkan cost pakan, Dan membuat ayam kegemukan sebab berlangsung penimbunan lemak, Hingga produksi telur alami penurunan.

4. Perawatan kesehatan serta kebersihan 

kandang ayam petelur

Untuk menjaga kesehatan ayam petelur yaitu dengan memberi vaksin dan vitamin dengan teratur, Tujuanya ialah untuk mengawasi kebal badan.

Tidak hanya perawatan kesehatan, Yang perlu dilihat ikut ialah perawatan/kebersihan kandang.

Utamanya mengawasi kebersihan kandang mempunyai tujuan supaya ayam terlepas dari semua penyakit dan virus, Yakni dengan pastikan tempat kandang masih kering ataukah tidak ada genangan air.

Kotoran yang telah menumpuk mesti selekasnya dibikin bersih, Juga bisa di semprot dengan desikfetan atau bersihkan kutu, Supaya kandang lebih steril.

5. Waktu panen 

Sesudah kita melalui step untuk step, Saat ini waktunya mengulas waktu panen.

Ayam petelur akan mulai produksi telur waktu mencapai umur 4 bulan, Serta akan membuahkan telur sehari-hari hingga kita dapat panen/mengumpulkannya sehari-hari.

Sebelum telur-telur itu kita memasarkan alangkah sebaiknya kita sortir terlebih dulu, Yakni dengan memisahkan telur yang memiliki kualitas bagus dengan yang abnormal.

Mengenai beberapa ciri telur abnormal yakni; memiliki bentuk lonjong atau gepeng, ukuran semakin besar atau lebih kecil.

Sesudah telur yang memiliki kualitas bagus terkumpul, kita dapat menjualnya langsung kepasar atau ke tengkulak.

Demikian caraterbaruku.com dalam meningkatkan langkah budidaya ayam petelur dengan moderen buat pemula yang dapat saya berikan, Mudah-mudahan dapat menolong anda yang ingin mengawali usaha ternak ayam petelur.


0 Response to "CARA TERBARU TERNAK AYAM PETELUR"

Post a Comment