CARA TERBARU TERNAK LOVE BIRD

Caraterbaruku.com - Burung memang binatang yang sangat di gemari lelaki untuk dijaga, ditambah lagi untuk lovebird. Ini adalah type burung dengan bulu indah berwarna-warni serta mempunyai bentuk burung yang unik. Tidak cuma menjadi hoby akan tetapi ikut membuahkan pundi-pundi uang, seandainya dapat mengaplikasikan langkah ternak lovebird dengan benar.

CARA TERNAK BURUNG LOVE BIRD

cara berternak lovebird

Memang Anda awalannya cuma pemula yang tahu burung dari luarnya saja, akan tetapi sesudah pelihara lovebird. Maka tahu, bagaimanakah cara makan, hindari burung alami depresi serta membuahkan burung berkualitas bagus dengan nilai jual tinggi. Ditambah lagi bila dapat pelihara dengan menetaskan telur sendiri, akhirnya pasti semakin bagus.
Itu mengapa, sekarang kolektor burung mulai meningkatkan langkah ternak burung lovebird supaya membuahkan burung yang semakin bagus bahkan juga belumlah ada awal mulanya. Ini akan jadi perihal langka hingga nilai jual makin tinggi, tidak cuma membuahkan burung dengan bulu indah akan tetapi ikut ukurannya merubah harga.

Untuk memperoleh hasil lovebird yang bagus, jadi mesti ikuti langkah ternak lovebird komplet supaya semua telur dapat menetas serta membuahkan lovebird semakin bagus, bahkan juga tahan pada hama. Baik itu hama di luar atau pemicu depresi yang menyebabkan kematian burung.

Bahkan juga penentuan indukan untuk perkawinan ikut jadi pertimbangan penting, ini supaya membuahkan lovebird yang berkualitas. Beberapa peternak memiliki pengalaman, bahkan juga sukses memperoleh bibit unggul berkualitas hingga makin tingkatkan nilai jual lovebird tersebut.

Tips Langkah Ternak Untuk Membuahkan Lovebird Berkualitas Premium 

Langkah Ternak Lovebird yang Benar 

Bila ingin memperoleh anakan lovebird yang lebih unggul, jadi mesti tahu langkah beternak lovebird komplet. Diawali dari penentuan kandang untuk perkawinan, pakai ukuran tengah. Banyak peternak memakai kandang dengan ukuran 60 x 44 x 40 sentimeter serta tempatkan satu kndang berbentuk box home.

Ini ukuran baik untuk sepasang lovebird kawin sampai bertelur, tenang saja buat pemula terdapat beberapa mode kandang perkawinan ini di toko burung. Tinggal katakan saja untuk perkawinan lovebird, ada banyak ukuran. Ini tergantung berapakah banyak lovebird yang akan dikawinkan, tapi baiknya pada sebuah kandang cuma ada sepasang lovebird saja.

Lihat usia indukan, untuk hasil yang bagus minimum lovebird berusia 7 sampai 8 bulan. Buat jantan, baiknya lebih muda dari betina. Misalnya jantan ovebird 8 bulan, jadi pilih betina 9 bulan. Perkawinan lovebird yang baik, memang semestinya pilih usia yang lebih dewasa sebab akhirnya semakin bagus.

Peletakan kandang harus juga berhati-hati, semestinya di pohon-pohon yang sepi supaya selekasnya berlangsung perkawinan pada burung jantan serta betina. Sebab bila muncul indukan jantan atau betina yang lain, jadi hasil anakan tidak cocok kemauan.

Proses perjodohan berjalan cepat, optimal sebulan maka betina telah akan bertelur. Selama saat perkawinan semestinya beri makanan dengan protein tinggi, misalnya jagung, canary seed atau kangkung fresh.

Sesudahnya nantikan sampai anakan lovebird menetas, pisahkan indukan jantan serta betina. Sebab indukan jantan akan condong memandang anakan menjadi makanan. Sesudah dua minggu, jadi pisahkan dengan indukan betina, hingga anakan dapat berkembang semakin bagus.


Langkah Ternak Lovebird Supaya Cepat Bertelur 

Sebetulnya langkah ternak burung type lovebird hampir serupa, akan tetapi untuk membuahkan telur bertambah cepat pada musim perkawinan, jadi semestinya ikuti langkah ternak burung lovebird cepat bertelur. Bila wajarnya dalam sebulan, dalam dua minggu sampai 20 hari jadi telah akan tampak telur dalam kandang perkawinan.

Rahasianya ada di menambahkan lampu spektrum yang berperan seperti matahari, ini akan mengawasi kesetimbangan suhu dalam kandang. Tidaklah terlalu panas, cukuplah imbuhkan lampu yang dapat memberi suhu warna 20 celsius (5500 Kelvin). Akan tetapi janganlah sangat sering, istirahatkan burung 10 jam sehari-harinya.

Memancing lovebird selekasnya kawin serta bertelur, letakkan jantan atau betina yang lain. Ini akan menyebabkan gairah kawin bertambah cepat serta membuahkan telur berkualitas. Letakkan pasangan yang bersimpangan hingga burung semakin lebih cepat gairah serta pilih indukan yang agresif.

Makanan lovebird yang akan kawin harus juga dilihat serta umumnya memang dibedakan, semestinya letakkan kangkung, biji kuaci serta tauge. Ini telah dapat dibuktikan dapat menyebabkan hormon indukan betina cepat bertelur, walau baru alami perkawinan dalam beberapa waktu saja.

Minum lovebird yang akan kawin harus juga tambahan dibikin bersih, bila umumnya tempat minum di ubah satu minggu sekali. Saat ini mesti ganti serta membersihkannya sehari-hari serta gunakan air aqua serta jauhi kombinasi besi serta lumpur yang ada pada air sumur.

Bila telah lakukan semuanya, akan tetapi tidak dapat percepat lovebird bertelur, bisa saja muncul masalah. Seperti indukan kurang bagus, timbulnya telur infertile, burung monomorfik seksual hingga tidak dapat mengetahui betina dengan baik. Bisa saja burung ingin jodoh yang lainnya, peletakan betina ikut memengaruhinya.

Langkah Ternak Lovebird Buat Pemula 

Janganlah salah, nyatanya pemula dapat juga membuahkan lovebird yang berkualitas. Bahkan juga dalam pengalaman pertama coba mengawinkan lovebird, ini bukan kebetulan akan tetapi insting yang dipunyai yang suka burung bulu indah itu.

Sebaiknya ikuti langkah ternak lovebird pemula, pertama lihat indukan yang dipakai. yakinkan bila betina mempunyai ukuran fisik burung yang semakin besar. Ini tampak dari ukuran tulang panggul yang lebih lebar, bila beli indukan baru. Yakinkan ini sepasang, sebab banyak penjual burung nakal yang jual penjantan saja.

Waktu mengawinkan, semestinya pilih betina dengan umur diatas 1 tahun, makin dewasa memang akhirnya akan makin bagus. Pilih ikut indukan betina dengan nada bagus, sedang pejantan dengan bentuk fisik yang semakin bagus.

Makanan semestinya pakai yang telah ada di toko burung saja, telah terdapat beberapa makanan spesial untuk perkawinan yang akan percepat waktu kawin, membuat bergairah burung dalam kandang serta bertelur bertambah cepat.

Langkah Ternak Lovebird Koloni yang Benar 

Terdapat beberapa langkah ternak untuk burung lovebird, kenapa mesti memakai langkah ternak lovebird koloni ? Ini akan membuat burung berkembang bertambah cepat, perkembangan semakin bagus serta hasil lovebird semakin bagus dari indukan yang dipakai awal mulanya. Bahkan juga ternak koloni untuk lovebird, dapat dibuktikan dapat percepat waktu perkawinan serta bertelur.

Perihal yang perlu dilihat pada kualitas indukan lovebird, semestinya pilih dengan kualitas yang berlainan. Misalnya indukan jantan dengan fisik yang bagus, jadi pilih indukan betina dengan nada merdu. Persilangan ke-2 indukan itu, akan membuahkan anakan lovebird yang bersuara merdu dengan fisik bagus.

Demikian Caraterbaruku.com membahas tentang burung lovebird. Janganlah paksakan lovebird yang belumlah ingin kawin, di mana ada tingkatan burung akan alami eranya sendiri. Dari mulai anakan, dewasa, sampai siap kawin. Bila memaksakan anakan lovebird yang belumlah cukuplah usia untuk kawin, akhirnya tidak bagus serta lama bertelur.

0 Response to "CARA TERBARU TERNAK LOVE BIRD"

Post a Comment