CARA BAYAR PAJAK ONLINE TERBARUKU

Dahulu penduduk yang mempunyai kendaraan bermotor tiap-tiap tahunnya akan disibukkan dengan pengurusan perpanjangan Surat Sinyal Nomer Kendaraan (STNK) dengan mendatangi kantor SAMSAT (Skema Administrasi Manunggal Satu Atap). Akan tetapi sekarang pengurusan perpanjangan STNK tak akan menyusahkan, sebab service pembayaran pajak STNK bisa dikerjakan lewat transaksi elektronik. Hingga penduduk tak perlu kembali mengorbankan waktu untuk mendatangi kantor Samsat, mengantri berjam-jam, dan bisa hindari calo yang tawarkan pengurusan STNK dengan minta bayaran tinggi.

Bahkan juga pemerintah selalu tingkatkan service pada penduduk lewat pengembangan baru dari Dinas Penghasilan Daerah (Dispenda), yang terima pembayaran STNK dengan online lewat ATM, akan tetapi program ini masih tetap hanya terbatas pada beberapa propinsi. Di bawah ini rincian selengkapnya:

Service serta Faedah Samsat Online

Bersamaan perubahan tehnologi, sekarang penduduk bisa memakai service Samsat Online. Samsat online menyiapkan beberapa service pembayaran pajak kendaraan, diantaranya:

Kendaraan bermotor kondisi pengesahaan STNK 1 Tahun.
Kendaraan bermotor kondisi tidak ubah STNK.
Kendaraan bermotor kondisi dibarengi dengan BPKB, KTP pemilik asli serta STNK.
Kendaraan bermotor kondisi tidak terlambat lebih dari 1 Tahun.
Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka serta kriminil.
Pada umumnya, Samsat online memiliki 2 faedah, yakni:

Buat Samsat: Samsat online menyediakan data lebih tepat serta up to date, hingga bisa disaksikan realisasi serta penerimanya per UPT PPD ataupun keseluruhannya.
Buat Harus Pajak: mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor, sebab bisa membayar pajak kendaraan di kantor bersama dengan Samsat mana saja saat 1 propinsi.
Sekarang ini, baru beberapa propinsi yang telah melayani pembayaran pajak motor online, yakni:

Jawa Timur http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/
Jawa Barat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
DKI Jakarta http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
Nangroe Aceh Darusalam esamsat.acehprov.go.id

Samsat Online per Lokasi

Buat penduduk yang tidak mempunyai banyak waktu senggang serta sangat terpaksa memakai layanan calo, akan tertolong dengan skema perpanjangan STNK online ini. Bahkan juga, sebelumnya ada ketentuan pembayaran transaksi elektronik, 3 lokasi, yakni: DKI Jakarta, Jawa Barat, serta Banten sudah menetapkan skema perpanjangan STNK dengan online. Hingga orang yang memiliki KTP Bekasi bisa mengatur pajak STNK di Jakarta, akan tetapi tidak semua Samsat di Jakarta melayani pengurusan STNK online. Di bawah ini penyusunan lokasi Samsat yang bisa dibuka dengan online, yakni:

Lokasi DKI Jakarta, mencakup: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, bisa dilayani online di Samsat BSD, Samsat Cinere, serta Samsat Cikokol.
Lokasi Banten, mencakup: BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja, bisa mengolah STNK onlinenya di Samsat Jakarta Selatan serta Samsat Cinere.
Lokasi Jawa Barat, mencakup: Depok, Cinere, serta Cikarang-Bekasi, pengurusannya bisa dikerjakan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, serta Samsat Cikokol.
Samsat Terpadu di Jawa Barat
Polda Jawa Barat serta pihak berkaitan, membuat pengembangan dengan meluncurkan perpanjangan STNK online yang bisa dikerjakan di semua lokasi Polda Jawa Barat. Meskipun hasilnya lewat online, tetapi masih mesti dikerjakan di Samsat paling dekat. Perumpamaannya: orang tinggal di Bekasi akan tetapi STNK nya dari Samsat Cirebon, jadi tak perlu ke Cirebon, bisa mengatur di Bekasi. Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat membuka sehari-hari kerja, dari jam 08.00-16.00 WIB.

Wilayahnya diantaranya:

Lokasi Polda Jawa barat: Semua Samsat Polda Jawa barat
Lokasi Polda Metro Jaya: Samsat Bekasi serta Samsat Cikarang
Team Pembina Samsat Jawa Barat sudah lakukan pengembangan dengan membuat E-Samsat yang menggandeng beberapa bank. Hingga nasabah bisa lakukan pembayaran lewat 64.000 jaringan ATM-ATM Bank (Bank BJB, Bank BNI, Bank BCA, atau Bank BRI) yang sudah bekerja bersama di semua lokasi Indonesia.

Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.
Harus Pajak mempunyai telpon serta nomer seluler yang aktif.
Harus Pajak Mempunyai Nomer Rekening Tabungan serta Kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA atau Bank BRI dengan jati diri yang sama juga dengan data kendaraan disebut.
Kendaraan yang dapat lakukan rincian lagi ialah yang Harus Pajak yang NIK/No. KTP-nya sudah sesuai dengan (sama) pada yang tercatat di server samsat serta di Rekening Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA atau Bank BRI.
Laku untuk pembayaran pajak kendaraan rincian lagi 1 (satu) tahunan.
Tidak laku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bertepatan dengan ubah STNK 5 tahunan.
Waktu laku pajak yang dapat dibayar kurang dari 6 bulan dari waktu jatuh tempo.
Harus pajak ialah perorangan (bukan tubuh usaha/yayasan /tubuh sosial).
Tersebut Tingkatan pembayaran STNK lewat E-Samsat Jawa Barat:

Kirim SMS ke 0811 211 9211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat). Tulis sms dengan format: esamsat[spasi] no.rangka[spasi]NIK/KTP
Kerjakan penelusuran status data NIK/KTP, curanmor, serta blokir ke server Polda.
SMS balasan yang di kirim dalamnya: kode bayar, data kendaraan, serta jumlahnya tagihan.
Bila data kendaraan serta jumlahnya penentuan telah disetujui, jadi harus pajak bisa membayarnya di ATM Bank yang sudah bekerja bersama.
Ikuti langkah pembayaran di ATM lewat cara pilih Menu Yang lain -> Pajak/Retribusi Propinsi Jawa Barat -> Pajak Kendaraan Lantas, masukan kode pembayarannya atau Kode Provinsi+Masa Laku PJK. Contoh Kode Bayar: 3212010712150XXX
Kerjakan pembayaran sama dengan jumlahnya nilai yang tercantum di monitor ATM,  lantas Anda akan memperoleh struk sinyal bukti bayar pajak dan mendapatkan SMS konfirmasi pembayaran pajak motor.
Lalu hadir ke kantor Samsat untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD di semua kantor service samsat paling dekat.
Samsat Drive Thru DKI
DKI Jakarta membuat Samsat Drive Thru. Hingga pemilik rekening Bank DKI bisa membayar pajak STNK lewat ATM paling dekat. Sedang yang bukan nasabah Bank DKI bisa membayar pajak lewat loket bank serta beberapa gerai Samsat Drive Thru, misalnya:

1. Samsat Polda Metro Jaya Jak Timur(Alamat :  Jl. DI Panjaitan No. 55 Jakarta Timur 13340] )

2. Samsat Polda Metro Jaya Jak Utara(Alamat : Jl. Gunung Sahari Raya No. 13 Jakarta Utara 14420)

3. Samsat Polda Metro Jaya Jak Selatan(Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 2 Jakarta Selatan 12190)

4. Samsat Polda Metro Jaya Jak Barat(Alamat : Jl. Daan Mogot KM. 13 Jakarta Barat 11730)

Samsat Drive Thru ini cukuplah praktis, sebab cuma memberi STNK, BPKB, serta KTP atas nama BPKB, lalu membayarnya.

E-Samsat Jawa Timur
Pengembangan E-Samsat ikut dipunyai Jawa Timur, bahkan juga fiturnya semakin bagus dibanding E-Samsat Jawa Barat. Sebab pembayaran STNK bukan sekedar lewat ATM, akan tetapi bisa dibayar di teller Bank Jawa Timur, bahkan juga bisa dibuka lewat mobile banking serta Internet banking. Untuk tingkatan pembayarannya, bisa berkunjung ke situs Bank Jawa timur.

Tahapannya seperti berikut :

1. Rincian dulu dengan akses di www.esamsat.jatimprov.go.id
2. Pilih tempat kendaraan Anda tercatat
3. Pilih Samsat awal kendaraan Anda tercatat
3. Masukan Nomor Polisi yang akan dibayar serta Kode acak yang ada
4. Akan muncul penampilan info pembayaran PKB yang perlu dibayar
5. Web akan tampilkan identifikasi kepemilikan
6. Masukan Nomer Rangka & Nomer BPKB
7. Pilih Samsat untuk pengesahan STNK serta Pilih Bank menjadi tempat pembayaran.
8. Anda akan memperoleh kode booking pembayaran (Kode Bayar) yang dapat dipakai untuk membayar di ATM bank atau teller Bank Jawa timur.
9. Tuntas membayar, Anda akan memperoleh bukti bayar yang dapat dipakai untuk lakukan pengesahan STNK serta pencetakan Notice PKB di tempat samsat yang sudah di pilih awal mulanya dengan membawa BPKB, STNK serta KTP Asli optimal 7 hari sesudah transaksi pembayaran dikerjakan

Samsat Online Jawa Tengah
Propinsi Jawa Tengah ikut mengaplikasikan Samsat Online yang dapat di akses lewat http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ .Untuk membayar pajak online, cuma bisa dikerjakan di ATM Samsat Bank Jateng serta bank BNI. Cara-caranya yakni : 

1. Ambil aplikasi bernama Sakpole atau singkatan dari Skema Administrasi Pajak Online. Aplikasi dapat didownload di Play Store di smartphone berbasiskan Android.
2. Sesudah itu tinggal ikuti panduan serta feature yang berada di aplikasi itu.
3. Lalu transfer pembayaran memakai mobile banking
4. Lantas, Bila telah membayar, harus pajak dapat hadir ke kantor Samsat Online atau Samsat Keliling untuk menukar dengan SKPD asli dengan membawa STNK serta KTP, tak perlu antre. Struk atau bukti bayar laku 14 hari kerja.

Cek Pajak Online

Samsat online ikut melayani cek pajak online. Lewat service ini, sekarang penduduk bisa lakukan penelusuran pajak STNK dengan online di kantor Samsat serta Dinas Service Pajak DKI Jakarta persisnya yang berada di situs Samsat Jakarta. Dengan catatan, bila plat nomer di dalam kurang dari 4 angka, jadi masukan angka 0 dibagian depan.

Perumpamaannya: plat nomer B 123 RFS. Bila dikerjakan penelusuran mesti memberikan angka 0 seperti B 0123 RFS. Jika sesudah dikerjakan penelusuran tidak ada info, jadi kemungkinan plat nomer itu tidak tercatat di samsat DKI. Bila proses penelusuran sukses, muncul semua info yang terkait dengan pajak kendaraan, termasuk juga kapan jatuh temponya.

SMS Kontrol STNK

Buat yang ingin beli kendaraan sisa atau second hand, pasti tidak mau tertipu dengan beberapa modus penipuan BPKB serta STNK palsu, jadi bisa lakukan penelusuran keaslian STNK lewat SMS. Sebab menjadi orang pemula pasti susah membedakannya manakah yang asli serta manakah yang palsu. Sebelum lakukan transaksi pembelian kendaraan, semestinya cek validitas plat nomer kendaraan dengan mengirim sms. Akan tetapi tidak semua propinsi mempunyai service cek STNK lewat SMS. Di bawah ini service SMS cek STNK yang berada di Propinsi Indonesia:

Jawa Timur
   SMS: JATIM PlatNomorKendaraan Contoh: JATIM L2222DS, Lantas kirim ke 7070

DKI Jakarta
   SMS: METRO PlatNomorKendaraan Contoh: METRO B1234PUT, Lantas kirim ke 1717

Jawa Barat
   SMS: poldajbr PlatNomorKendaraan Contoh: poldajbr D4545JK, Lantas kirim ke 3977

Jawa Tengah
   SMS: JATENG PlatNomorKendaraan Contoh: JATENG AD4784KD, Lantas kirim ke 9600

DI Yogyakarta
   SMS: DIY PlatNomorKendaraan Contoh: DIY AB2345UO, Lantas kirim ke 9600

Twitter Samsat
Samsat ikut mempunyai account di Twitter untuk memberi info pada penduduk. Info ini terkait dengan tempat SIM serta STNK Keliling. Triknya cukuplah gampang, cuma menulis Twitter Samsat Nama Daerah lantas click search. Contoh: Twitter Samsat Sleman. Bila Samsat Sleman mempunyai account Twitter maka keluar, akan tetapi bila belumlah mempunyai jadi tidak ada info berkaitan Twitter dari Samsat.

Yakinkan Waktu Laku Pajak Kendaraan Anda
Skema online benar-benar sangat mempermudah penduduk serta menghindari dari calo yang mahal. Akan tetapi, belumlah semua daerah menyiapkan sarana online serta service online itu ikut masih tetap hanya terbatas untuk pembayaran pajak tahunan. Janganlah lupa, cek waktu laku pajak kendaraan Anda, yakinkan usia pajak tidak melewati waktu aktif tidak terserang denda, sebab harga atau nominal denda bergantung dari nilai pajak.

Caraterbaruku.com sudah saat anda harus banyak bayar pajak.

0 Response to "CARA BAYAR PAJAK ONLINE TERBARUKU"

Post a Comment