10 MAKANAN CIRI KHAS MALUKU

Caraterbaruku - Salah satunya perihal yang menarik dari wisata ialah mencicip makanan lokalnya. Sayang sekali kan jika Anda jauh-jauh liburan ke Indonesia Timur, lantas yang Anda mencari ialah McDonald’s atau KFC. Sehubungan kemarin-kemarin saya sudah sempat mengulas mengenai Pantai Ora di Maluku, jadi saat ini saya ingin memperkenalkan dengan makanan ciri khas Maluku. Agar jika besok Klikers liburan ke Maluku, Klikers sudah mengetahui kurang lebih ingin mencicip makanan apakah. Tersebut 10 makanan ciri khas Maluku yang perlu Anda coba waktu liburan kesana:

10 MAKANAN CIRI KHAS MALUKU 

1. Papeda 

Klikers tentu pernah dengar mengenai makanan ciri khas Maluku yang satu ini. Akan tetapi mungkin belumlah tahu memiliki bentuk seperti apakah. Papeda terbuat dari bubur sagu yang umumnya diberikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Akan tetapi papeda juga dapat digabungkan dengan ikan gabus, kakap merah, atau ikan kue. Papeda ini mempunyai struktur yang lengket seperti lem serta rasa-rasanya tawar. Papeda semestinya disantap saat panas. Langkah menyantapnya juga cukuplah unik, yakni dengan tidak memakai sendok tetapi langsung diseruput dari piringnya.

2. Ikan Kuah Pala Banda 

Ikan kuah pala banda adalah kuliner asli penduduk di Kepulauan Banda. Pulau Banda memang diketahui sebab rempah-rempahnya. Kelezatan ikan kuah pala ini telah diketahui semenjak beratus-ratus tahun kemarin. Bahkan juga, ikan kuah pala tetap diberikan untuk melayani beberapa pejabat Belanda yang hadir ke Banda. Kuah sopnya sangat terasa fresh, perasaan asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini umumnya diberikan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar, serta sambal bekasang yang dibikin dari ikan cakalang tumbuk.

3. Nasi Lapo 

Meskipun saat di sekolah kita tetap diajari jika makanan inti orang Maluku ialah sagu, tetapi mereka makan nasi pun, lho! Nasi lapola ialah makanan ciri khas Maluku yang dibuat dengan memakai kacang tolo. Beras yang dibuat dengan api kecil sampai 1/2 masak lantas dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, serta garam, lantas diaduk rata. Sesudah itu adonan nasi lapola ini dikukus sampai masak.

4. Kohu kohu dengan kasbi rebus 

Kohu-kohu ini serupa sayur urap jika di Jawa. Kohu-kohu terbuat dari ikan teri basah yang digabung dengan tauge, terung, kacang panjang rebus serta parutan kelapa. Kombinasi ini lantas dibumbui dengan perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah, serta bawang putih. Rasa-rasanya begitu nikmat jika disantap dengan kasbi (singkong) rebus.

5. Ikan Komu Asar 

Ikan komu asar ini ialah ikan cakalang yang dibuat lewat cara ditusuk dengan bamboo lantas diasap saat kurang lebih satu jam. Umumnya ikan asar dibikin dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini pas disantap dengan nasi serta sambal colo-colo.

6. Sagu woku komo-komo 

Satu kembali makanan ciri khas Maluku dengan bahan basic sagu. Langkah membuatnya: awalannya sagu di rendam di air dingin saat satu jam. Lantas bumbu-bumbu seperti bawang putih, serai, serta jahe ditumis. Lalu jeroan ikan serta air dimasukkan serta dibuat sampai masak. Setelah itu, bawang merah serta bawang putih ditumis sampai kecoklatan. Masukan santan kelapa cair serta sagu, lalu masak sampai jadi kering. Imbuhkan santan kental, garam, merica, serta potongan daun bawang. Sesudah masak, sagu didinginkan terlebih dulu. Jeroan ikan dipotong bentuk dadu. Lantas, sagu serta jeroan ikan yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke daun woka. Paling akhir, bungkusan daun woka ini lantas dipanggang dengan bara api sampai kering serta masak. Sagu woku komo-komo ini begitu pas menjadi lauk untuk makanan penting.

7. Sambal Colo Colo 

Sambal colo-colo ini adalah sambal ciri khas Ambon yang populer begitu pedas rasa-rasanya. Sambal colo-colo ini sudah jadi pelengkap harus buat penduduk Maluku. Sambal colo-colo terbuat dari tomat muda, bawang merah, serta cabe rawit yang iris tipis lantas dikasih taburan garam serta disiram jeruk nipis. Tiada diulek. Sambal colo-colo ini dapat juga ditambahkan dengan daun kemangi, potongan kenari mentah, atau rarobang. Juga dapat ditambahkan kecap manis.

8. Talam Sagu Bakar 

Berikut makanan ciri khas Maluku yang lain yang terbuat dari sagu. Sebelumnya, sagu di rendam serta dihaluskan. Selain itu gula merah dibuat. Lantas, sagu serta gula merah ditiriskan serta digabung, lantas ditambahkan gula pasir serta diaduk sampai kental. Lantas ke adonan talam sagu bakar ini ditambahkan mentega, kacang brenebon (kacang merah), serta kenari. Sesudah itu, adonan ini dibakar sampai kering. Talam sagu bakar ini rasa-rasanya manis dengan citarasa yang ciri khas karena kombinasi kenari serta kacang brenebon. Rasa-rasanya begitu nikmat serta pas diberikan camilan.

9. Bubur Sagu Ubi 

Bubur sagu ubi adalah makanan ciri khas Maluku yang saya meyakini cukup sudah kita kenal. Bahkan juga, ini ialah salah satunya makanan favorite saya. Kita semua juga tentu dapat membuat. Pertama kali, sagu lempengan di rendam di air sampai mengembang. Sesudah itu airnya dibuang serta ditiriskan. Lantas, rebus gula merah, gula pasir serta daun pandan di air sampai gula larut. Sesudah itu air gula ini dicampurkan dengan sagu yang sudah lunak serta ubi merah rebus. Bubur sagu ubi yang dikasih santan kental serta taburan kenari rasa-rasanya begitu lezat.

10. Kopi Sibu-sibu 

Kopi sibu-sibu ini datang dari kopi type robusta yang dihaluskan lewat cara tradisionil. Rasa-rasanya begitu ciri khas sebab digabung dengan bubuk cengkeh halus serta diberi dengan biji ketapang muda.

Caraterbaruku, itu 10 makanan ciri khas Maluku yang ditanggung rasa-rasanya lezat-lezat. Nama-namanya mungkin terdengar dikit asing di telinga kita. Akan tetapi perasaan tidak akan bohong. Dengan memakan makanan ciri khas dari daerah lainnya, pengetahuan kita sekitar kuliner akan makin bertambah. Kebudayaan di Indonesia ini kaya sekali, lho! Yuk kenalan semakin banyak dengan makanan ciri khas dari beberapa daerah di Indonesia!

0 Response to "10 MAKANAN CIRI KHAS MALUKU "

Post a Comment