18 MAKANAN KHAS MAKASSAR, APA KAREBA!!!

Makassar tetap mempunyai daya tarik sendiri. Tidak cuma sebab masyarakat serta tujuan wisatanya yang mengagumkan, tetapi pun produk olahan kuliner yang diberikan. Akhirnya, banyak yang lalu jadi makanan ciri khas Makassar serta pada akhirnya demikian ikonik. Jika tidak yakin, sambil berwisata, silahkan bertanya beberapa masyarakat lokal tentang makanan ciri khas Makassar. 

18 MAKANAN KHAS MAKASSAR, APA KAREBA!!!

Bila kamu tertarik untuk mencicip makanan ciri khas Makassar, yang populer mempunyai kekayaan perasaan yang mengagumkan, aroma yang spesial serta penampilan yang menarik serta merayu, langsung ke arah beberapa tempat ini di Makassar untuk mencobanya. Ditanggung nambah!

1. Coto Makassar 

Ada yang kurang jika kamu berjalan-jalan ke Sulawesi Selatan tiada coba Coto Makassar. Makanan ciri khas Makassar ini memang memberi kesan-kesan mendalam buat siapa juga yang sempat menikmatinya. Sajian ini kaya rempah, yang jadikan rasa-rasanya ‘sangat renyah’ serta akan memberi kesan-kesan mendalam pada siapa juga pennikmatnya.

Di Makassar, ada banyak tempat yang direferensikan bila kamu tertarik coba kuliner ini. Diantaranya, Coto Nusantara di mana kuliner ini diberikan dengan kuah kental serta potongan daging besar, plus tambahan daun bawang serta bawang goreng yang diberikan terpisah. Tempatnya pun masih tetap dekat dengan Pantai Losari, lho

2. Konro 

Makanan ciri khas Makassar ini tidak cocok untuk beberapa vegan atau vegetarian. Maklum, bahan dasarnya ialah iga serta daging sapi yang di rebus bersama dengan kayu manis, air asam jawa serta bermacam bahan lainnya, termasuk juga kluwak, yang biasa jadikan bumbu basic untuk rawon Jawa Timur. Hidangan sup kaya rempah ini begitu nikmat dicicipi waktu panas.

Ingin mencari tempat terunggul nikmati sajian Konro ini? Konro Karebosi ialah jawabannya. Karena sangat terkenalnya, banyak selebriti, poltisi serta public figur lainnya yang tampak di sini. Itu sekaligus juga jadi panduan untuk kamu, untuk bersiap-siap antre sebab ramainya pengunjung.

3. Sop Saudara 

Sebenarnya, makanan ciri khas Makassar ini bukan datang dari Makassar, tetapi adalah kuliner ciri khas Pangkep, Sulawesi Selatan. Akan tetapi bagaimana juga, yang terpenting rasa-rasanya.

Sop saudara yang popular di Makassar serta dapat kamu coba ada di Jalan Irian. Warung ini membuka sehari-hari, saat 24 jam serta telah berdiri semenjak 1970an. Sop saudara dengan kombinasi daging sapi berkuah digabung bihun serta adonan kentang yang telah digoreng kering, plus paru sapi goreng dengan nasi putih, kamu akan tahu fakta kenapa warung ini demikian populer di Makassar.

4. Pallubasa 

Pallubasa adalah sajian yang serupa dengan Coto Makassar, terbuat dari jeroan sapi atau kerbau, dengan semua bahan dibuat dalam tempo yang lama. Yang memperbedakan dengan Coto Makassar ialah menu pendampingnya. Pallubasa dikonsumsi bersama dengan nasi putih, sesaat Coto Makassar dengan ketupat.

Tidak hanya sajian pendampingnya, bumbunya juga dikit berebeda. Juga demikian dengan struktur daging yang disajikan. Untuk dapat memperoleh kesan-kesan terunggul, Pallubasa Serigala ialah rumah makan yang pas untuk coba sajian ini.

5. Pallumara 

Lebih tertarik untuk nikmati seafood di Makassar, kamu dapat coba Palumara, makanan memiliki bahan basic ikan. Sup berkuah kuning dari bumbu kunyit ini serupa dengan ikan asam manis. Kepala kakap merah jadi bahan dasarnya, dengan tongkol atau bandeng jadi alternatif.

Langkah terunggul nikmati Palumara yaitu dengan nasi hangat, ditemani dengan minumaan dingin. Spot yang sangat pas untuk memperoleh kesan-kesan sangat cocok ialah di dalam rumah makan Ulu Juku, yang bukan sekedar menyediakan Palumara, tetapi pun makanan ciri khas Makassar yang lain.

6. Barongko 

Makassar bukan sekedar populer dengan makanan beratnya. Kue-kue basah di Makassar pun mempunyai cita perasaan yang maknyus. Diantaranya, Barongko.

Kue memiliki bahan basic pisang ini manis serta mempunyai struktur lembut. Kue dibikin dalam cetakan spesial dan dibungkus dengan daun pisang sebelum diberikan. Langkah menikmatinya juga dapat sesuai dengan hasrat, panas ingin juga dingin. Di Makassar, tempat terunggul untuk dapat mencicip kue tradisionil ini ialah di MAMA Toko Kue serta Es Cream.

7. Pisang Epe 

Makanan ciri khas Makassar berbahan pisang kepok ini demikian ikonik. Pisang kepok 1/2 masak dibakar diatas bara api sampai harum, dibelah serta didesak sampai pipih, lalu dibakar kembali. Imbuhkan topping kombinasi gula merah serta air daun pandan pun garam, dan durian, bila ada, jadi kamu akan memperoleh cemilan dengan perasaan spesial.

Peristiwa sangat cocok menikmatinya waktu sore sampai malam, sesaat tempat baik untuk coba dessert Makassar ini ialah di selama pantai Losari. Walau banyak penjual yang menjual cemilan ini, kualitas rasa-rasanya hampir serupa, serta enak semua. Slurp!

8. Es Palu Butung 

Jika ingin nikmati es campur ala Makassar, silahkan coba Es Palu Butung. Bukan sekedar tawarkan perasaan yang manis, tetapi pun menyediakan sensasi beri kesegaran. Kuliner ini sangat pas untuk di nikmati waktu hawa panas serta kamu ditanggung akan meminta lebih.

Es Palu Butung terbagi dalam potongan pisang manis, bubur sumsum ditambah susu kental manis, sirup merah serta es serut, diberikan dalam mangkok. RM Bravo jadi salah satunya tempat favorite di Makassar untuk nikmati Es Palu Butung ini.

9. Gogoso 

Cemilan ini ‘keluar’ di saat-saat lebaran saja. Umumnya disajikan bersama dengan telur asin, gogoso adalah cemilan yang terbuat dari beras ketan yang dibakar dalam daun pisang.

Makanan ciri khas Makassar ini banyak disenangi masyarakat keturunan Bugis-Makassar. Walau umumnya keluar di waktu yang spesial, kamu masih tetap dapat memperolehnya di MAMA Toko Kue serta Es Cream. Rasa-rasanya gurih serta enak, lho!

10. Kapurung 

Apa yang terjadi ikan atau daging ayam digabung bersama dengan berbagai sayuran serta sari atau tepung sagu? Kamu dapat mencicipinya langsung makanan ciri khas Makassar bernama Kapurung. Kuliner ini adalah hidangan tradisionil ciri khas Sulawesi Selatan, terpenting di daerah Luwu, Kota Palopo.

Walau adalah makanan tradisionil, rasa-rasanya yang manis serta asam memberi kesegaran buat penikmatnya serta sukses membuat Kapurung merambah ke daerah metropolitan, termasuk juga Makassar. Tempat terunggul untuk rasakan kuliner lezat ini ialah di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo. Joss!

11. Mie Titi 

Ingin coba kuliner ala Tionghoa di Makassar, Mie Titi ialah yang perlu kamu coba. Tidak cuma rasa-rasanya yang gurih, gabungan ‘lauk’ di hidangan ini pula demikian melimpah, dari mulai daging, seafood sampai sayuran yang menyehatkan.

Bila kamu tertarik nikmati hidangan ini, langsung ke arah ke Mie Titi Panakukkang, tempat dimana semua berawal. Kamu harus juga menyiapkan diri untuk terperanjat dengan porsinya yang mengagumkan.

12. Juku Pallu Ce’la 

Terbuat dari ikan Cakalang, atau juga bisa ikan Layang, Bolu, Sibula’ atau Tembang, kuliner Pallu Ce’la dibuat dengan bumbu yang lumayan sederhana, garam serta kunyit. Akan tetapi, sebab tehnik memasak yang istimewa, ada perasaan yang demikian terkesan saat kamu mencicipinya.

Jika kamu tertarik mencicip masakan rumahan masyarakat Makassar ini, Rumah Makan Seafood Apong menyajikannya. Harga nya pun relatif dapat dijangkau, lho!

13. Bebek Palekko 

Makanan ciri khas Makassar berbahan bebek? Bebek Palekko ialah kuliner yang perlu kamu mencari. Untuk yang sangat favorite, kamu langsung bisa ke arah ke Palekko Makassar.

Sajian ini adalah makanan ciri khas Bugis yang terbuat dari daging bebek yang dicincang. Rasa-rasanya dibuat demikian rupa untuk bikin penikmatnya bercucuran keringat sebab kepedasan. Meskipun begitu, kamu akan tidak dapat berhenti sampai sajian di muka kamu habis. Ajaib, kan?

14. Burasa 

Burasa, hidangan yang serupa lontong ini, terbuat dari beras dengan struktur lembut serta dibungkus daun pisang muda. Burasa disajikan dengan taburan bumbu kelapa kering, garam, gula serta cabai.

Tidak susah temukan ‘lontong ala Makassar’ ini. Kamu dapat mencarinya di pasar atau tempat penjual kue serta makanan. Buat kamu yang ingin selekasnya rasakan Burasa, Bakso 33 Makassar siap menyajikannya.

15. Songkolo Bagadang 

Kulineran larut malam di Makassar, kenapa tidak? Ada Songkolo Bagadang yang pantas kamu coba. Nasi ketan hitam atau putih dengan serundeng atau parutan kelapa sangrai menjadi toppingnya ini begitu menarik untuk dicicipi. Belum juga penambahan ikan teri asin, telur serta sambal kuning untuk meningkatkan kesenangan.

Makanan ciri khas Makassar ini sering didapati di acara-acara kebiasaan di Sulawesi Selatan. Tetapi kamu tak perlu cemas sebab kamu dapat mencobanya di Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang siap temani malam panjangmu di Makassar.

16. Sarabba 

Bila di daerah lainnya mempunyai sekoteng, stmj serta wedang uwuh, Makassar pun menyediakan minuman semacam dengan nama Sarabba. Terbuat dari kombinasi jahe, kuning telur, gula aren serta merica bubuk, kamu akan memperoleh sensasi yang menghangatkan tubuh saat konsumsi minuman ini.

Sarabba Daeng Hasna jadi salah satunya warung minuman terkenal di Makassar yang menyajikannya. Berdiri semenjak 1983, warung Sarabba ini sudah sempat seringkali geser tempat sebelum pada akhirnya sekarang tinggal di jalan Bulusaraung, sekurang-kurangnya sampai sekarang ini.

17. Konro Bakar 

Bila pernah mencicip Sop Konro, tidak ada kelirunya coba Konro Bakar, yang pasti tawarkan sensasi berlainan dengan cita perasaan yang spesial. Satu kali lagi, makanan ciri khas Makassar ini bukan untuk beberapa vegan, ya!

Iga yang dibakar serta diberikan dalam keadaan panas ini mesti di nikmati sampai tidak tersisa. Tak perlu malu akan belepotan sebab sausnya oleh karena itu tanpamu nikmati sajian ini seutuhnya. Jika tidak sabar untuk coba, langsung ke arah ke Konro Karebosi ya!

18. Sop Ubi 

Bila kamu kurang kenal sop ubi Makassar, tidak ada kelirunya mencobanya di Sop Ubi Datumuseng, salah satunya yang sangat populer di Sulawesi Selatan.

Sop dengan isian ubi yang dipotong kecil, tauge, bihun, telur, daun bawang, bawang goreng serta daging itu begitu cocok di nikmati waktu panas. Janganlah lupa pun untuk memberikan makanan sambilan, seperti emping, kacang goreng, kerupuk udang, bahkan juga burasa

Caraterbaruku Ada banyak makanan ciri khas Makassar yang lain yang perlu kamu coba, tetapi dari 18 rincian diatas, yang manakah yang sangat membuat kamu tertarik?

0 Response to " 18 MAKANAN KHAS MAKASSAR, APA KAREBA!!!"

Post a Comment