BAHAYA TELUR ASIN BILA DIKONSUMSI BERLEBIH

Caraterbaruku - Telur asin ialah arti umum untuk makanan memiliki bahan basic telur yang diawetkan lewat cara diasinkan. Bahan baku penting yang pakai umumnya ialah telur itik atau telur bebek. Cermati resiko kesehatan yang muncul karena sangat sering konsumsi telur asin.

Citarasa asin gurih serta struktur kuning telurnya yang berpasir, membuat telur asin pas jadikan menjadi lauk pauk atau menjadi cemilan. Disaksikan dari bagian nutrisi, telur asin memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serta vitamin A.

BAHAYA TELUR ASIN BILA DIKONSUMSI BERLEBIH 

Meskipun begitu, Anda butuh waspada bahaya telur asin bila dikonsumsi terlalu berlebih. Perihal ini sebab telur asin memiliki kandungan natrium (sodium) serta cholesterol yang tinggi.

Bukti Tentang Konsumsi Garam Badan 

Nama lainnya dari garam ialah natrium klorida (NaCI). Makanan yang memiliki kandungan banyak garam bermakna memiliki kandungan natrium dengan kandungan tinggi. Kandungan natrium yang tinggi umumnya diketemukan pada makanan siap saji serta makanan olahan atau paket. Telur asin termasuk juga makanan yang tinggi natrium.

Natrium sendiri adalah satu zat yang termasuk juga type elektrolit sekaligus juga mineral. Zat ini dibutuhkan oleh badan untuk mengawasi kesetimbangan elektrolit, mengawasi kandungan air di serta di luar sel, dan mendukung kerja otot serta saraf. Sejumlah besar natrium ada dalam darah serta cairan getah bening, yakni sekitar 85 %.

Bahaya Konsumsi Telur Asin dengan Terlalu berlebih 

WHO (World Health Organization) atau Instansi Kesehatan Dunia merekomendasikan konsumsi garam cuma 5 gr (sama dengan natrium 2.000 mg) /hari. Jarang sekali seorang dapat alami kekurangan natrium, terkecuali jika menanggung derita diare, kekurangan gizi, serta tidak berhasil jantung. Demikian sebaliknya, kebanyakan natrium pun jelas tidak baik buat kesehatan serta bisa memunculkan beberapa masalah.

Di bawah ini ialah beberapa resiko beresiko karena konsumsi telur asin dalam jumlahnya yang terlalu berlebih:

  • Kandungan garam yang tinggi dalam telur asin dapat menyebabkan penumpukan cairan di pada tubuh, yang bisa mengakibatkan pembengkakan di kaki dan tingkatkan beban kerja jantung. 
  • Telur asin dengan kandungan garam yang tinggi dapat juga mengakibatkan hipertensi, hingga tingkatkan resiko terserang penyakit jantung, stroke, serta penyakit ginjal. 
  • Berdasar pada beberapa studi, skema makan yang tinggi kandungan garam, termasuk juga sangat sering konsumsi telur asin, bisa tingkatkan resiko kanker lambung. Perihal ini sebab mengkonsumsi garam yang tinggi bisa tingkatkan perkembangan Helicobacter pylori, yakni bakteri yang bisa mengakibatkan peradangan serta ulkus lambung, dan tingkatkan resiko kanker lambung. Selain itu, telur asin serta konsumsi tinggi garam yang lain dapat juga mengakibatkan kerusakan susunan lambung hingga lebih rawan terkena karsinogen. 
  • Oleh karenanya, supaya terlepas dari beberapa penyakit diatas, Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan asin, termasuk juga telur asin, dengan bijak. 

Panduan Kurangi Mengkonsumsi Tinggi Natrium 

Tidak hanya batasi mengkonsumsi telur asin, Anda pun butuh mengatur konsumsi garam dengan mengaplikasikan skema makan sehat serta seimbang. Berikut panduan dalam mengontrol pola makan untuk hindari konsumsi tinggi natrium atau garam:


  • Pilih makanan yang memiliki loabel rendah natrium. Anda pun dianjurkan untuk memakai bahan masakan yang belumlah di proses, dan hindari bahan masakan yang telah diolah serta dikasih bumbu. 
  • Jika Anda memasak makanan sendiri, upayakan untuk kurangi pemberian garam. 
  • Bila Anda memakai alternatif garam untuk memberikan perasaan asin pada masakan, dampaknya masih dipandang sama. Oleh karena itu, pakai dengan bijak. 
  • Batasi pemakaian bumbu penambahan, seperti saus serta kecap. 
  • Pakai bumbu dari beberapa bahan alami atau rempah-rempah. 
  • Mengkonsumsi makanan fresh semakin banyak, seperti sayur-sayuran serta buah-buahan, sebab memiliki kandungan natrium dalam kandungan rendah. 

Caraterbaruku Telur asin serta makanan olahan yang lain memang nikmat untuk jadikan menjadi penambahan lauk. Akan tetapi, Anda dianjurkan tidak untuk mengkonsumsinya terlalu berlebih, untuk hindari beberapa bahaya telur asin seperti yang sudah diterangkan diatas. Berkonsultasilah dengan Caraterbaruku untuk memastikan batas aman mengkonsumsi telur asin, terpenting jika Anda mempunyai keadaan medis spesifik

0 Response to "BAHAYA TELUR ASIN BILA DIKONSUMSI BERLEBIH"

Post a Comment