KULINER SURABAYA YANG RASANYA ENAK

Bicara masalah kuliner, Indonesia mungkin juaranya. Keanekaragaman suku, kebiasaan istiadat, budaya, agama, melahirkan juga bermacam kuliner yang memanjakan lidah di tiap-tiap daerah. Ada yang menonjolkan citarasa manis, pedas, gurih, serta yang lain. Begitu juga dengan Surabaya, Jawa Timur yang mempunyai macam kuliner nan lezat.

KULINER SURABAYA YANG RASANYA ENAK

Bertandang ke Surabaya, kamu bukan sekedar akan merasakan beberapa obyek wisata menarik serta bersejarah. Tetapi pun wisata kuliner, menjajal makanan ciri khas Kota Pahlawan. Sebutlah saja rujak cingur, lontong balap, sego pecel, rawon, serta ada banyak yang lain. Kuliner-kuliner itu ditanggung membuat ketagihan.

Tersebut jejeran kuliner Surabaya yang harus kamu coba jika tengah berjalan-jalan di Kota Surabaya:

1. Lontong Kupang Artomoro 

Namanya unik, Lontong Kupang Artomoro. Walau membawa nama Kupang, tetapi kuliner ini bukan datang dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), tetapi dari Surabaya. Lontong Kupang Artomoro ini telah populer sebab rasa-rasanya demikian nikmat. Struktur kupang (semacam kerang memiliki ukuran begitu kecil yang cuma diketemukan di Surabaya) ini memang dikit aneh, bahkan juga beberapa orang mengatakan serupa pasir. Akan tetapi waktu masukkan kupang ke mulut serta ‘digoyang,’ rasa-rasanya pecah, lezat tanpa duanya.

2. Kepiting Cak Gundul 1992 

Jika kamu pengagum sajian laut, Kepiting Cak Gundul 1992 harus didatangi, persisnya di Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya. Sesuai dengan namanya, restoran ini berdiri semenjak tahun 1992. Itu bermakna usianya telah 26 tahun. Restoran itu menyediakan beberapa olahan hasil tangkapan laut, terpenting kepiting. Kamu dapat pilih ukuran kepiting untuk disantap bersama sausnya. Karena sangat terkenalnya, Kepiting Cak Gundul 1992 telah buka cabang di sejumlah kota di Indonesia, seperti Jakarta.

3. Nasi Udang Bu Rudy 

Sempat dengar atau beli oleh-oleh sambal Bu Rudy? Berikut jajanan yang telah tenar seantero negeri. Tempatnya di Jalan Dharmahusada, Surabaya tidak cuma menyediakan sambal ciri khas yang pedas, tetapi pun tawarkan menu makanan sangat hits nasi udang serta nasi empal. Tentu saja diberikan dengan sambal ciri khas itu. Ketenaran dari sambal Bu Rudy ini bahkan juga menaklukkan udangnya yang di jual terpisah. Tertarik coba?

4. Sate Klopo Ondomehen 

Sate Klopo adalah salah satunya panganan cukuplah unik. Sate ini beda dengan sate ayam atau kambing yang berada di Jakarta. Ciri khasnya memakai kelapa yang sudah disangrai, lalu dibalut pada sate sebelum dibakar. Salah satunya kuliner sate klopo yang termasyur di Surabaya ialah Sate Klopo Ondomehen. Tawarkan beberapa type sate, dari mulai sate daging sapi, ayam, udang, usus, sampai sum-sum. Perasaan gurih pada sate ini jadi daya tarik wisatawan ataupun masyarakat ditempat untuk nikmati kelezatan Sate Klopo Ondomehen.

5. Rujak Cingur Ahmad Jais 

Rujak cingur adalah kuliner ciri khas Surabaya yang sangatlah popular. Jika umumnya rujak dalamnya buah-buahan, beda dengan rujak cingur. Rujak cingur Surabaya berisi sayur mayur serta ini nih sangat unik, potongan hidung sapi yang telah diambil begitu empuk. Potongan hidung sapi ini waktu penyajian serupa kikil sapi. Jadi jika telah disantap, rasa-rasanya enak, pedas, serta kenyal. Untuk memakan sajian ini di Surabaya, hadir saja ke kedai Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak cingur yang di jual diberikan dengan sambal spesial yang pasti dapat membuat kamu ketagihan.

6. Tahu Campur Kalasan 

Tahu Campur Kalasan ada di Jalan Kalasan, Surabaya. Menyediakan panganan olahan tahu yang digabung dengan potongan daging, selada, serta jeroan sapi . Lalu dibalut dengan bumbu kental yang ciri khas. Jadi jika berkunjung ke Kota Pahlawan, luangkan singgah serta coba Tahu Campur Kalasan ya.

7. Rawon Setan Mbak Endang 

Kuliner ciri khas Surabaya yang lain ialah rawon. Makanan berkuah yang berisi daging. Kuahnya hitam pekat sebab memakai bumbu kluwak. Bila ingin rawon yang rasa-rasanya begitu pedas, hadir saja ke Rawon Setan Mbak Endang. Kedainya membuka waktu matahari telah tenggelam, karenanya diberi nama rawon setan. Hidangan rawon di kedai itu dalamnya potongan daging besar dengan kuah hitam gurih, serta sambal yang pedas.

8. Lontong Balap Garuda 

Jika di Kota Solo ada Stasiun Solo Balapan, jadi di Surabaya miliki kuliner Lontong Balap. Diberi nama lontong balap sebab perilaku beberapa penjualnya. Pedagang lontong balap umumnya memakai pikulan. Akan tetapi sebab berat pikulannya berat, pedagang ini demikian terburu-buru. Dari situlah asal muasal nama lontong balap. Makanan ini terbagi dalam lontong, potongan tahu goreng, tauge, lento (makanan memiliki bahan basic kacang-kacangan). Lalu disiram dengan kuah bercitarasa ciri khas. Salah satunya tempat favorite untuk memakan hidangan ini ialah Lontong Balap Garuda.

9. Pecel Semanggi 

Pecel adalah salah satunya makanan ciri khas dari Jawa Timur. Terbagi dalam sayur mayur, lantas disiram dengan bumbu kacang akan membuat lidah kamu bergoyang. Salah satunya kuliner pecel yang legendaris dari Kota Surabaya ialah pecel yang memiliki bahan basic daun semanggi hingga dimaksud Pecel Semanggi. Sayangnya, makanan ini telah jarang didapati.

10. Nasi Goreng Jancuk 

Nasi Goreng Jancuk umumnya diberikan dengan bagian besar. Kamu dapat melahapnya bersama dengan rekan atau keluarga. Nasi goreng yang satu ini pula bercitarasa pedas, jadi begitu pas untuk kamu yang suka makan pedas. Karena sangat pedas citarasa Nasi Goreng Jancuk, konon tuturnya membuat kamu ingin mengumpat.

11. Ice Krim Zangrandi 

Jakarta miliki kedai Es Cream Ragusa, di Surabaya ada kedai Ice Krim Zangrandi. Kedai ini telah berdiri semenjak tahun 1933 atau 85 tahun yang lalu. Kedai es cream itu telah berdiri semenjak waktu kolonial Belanda serta pas didatangi untuk kamu yang ingin belajar riwayat.

12. Pecel Rawon Warung Sudut Moro Seneng 

Apa yang terjadi ya jika pecel serta rawon menyatu? Rasa-rasanya semakin lezat atau justru aneh? Jika ingin tahu, berkunjung deh di Pecel Rawon Warung Sudut Moro Seneng di Jalan Pucang Anom, Surabaya. Kedai ini akan menjawab perasaan ingin tahu kamu dengan mencicip kombinasi nasi pecel, lantas disiram dengan kuah rawon.

13. Nasi Krawu Mbuk Su 

Nasi Krawu sama disantap pagi hari. Makanan ini datang dari lokasi Gresik, Jawa Timur. Nasi putih yang diberikan dengan semur daging sapi, jeroan sapi, serundeng, ditambah lagi sambal terasi. Salah satunya kedai nasi krawu yang populer ialah Nasi Krawu Mbuk Su. Kamu dapat temukan tempat makan ini di daerah Gubeng, Surabaya.

14. Tahu Tek 

Tahu Tek Surabaya telah populer sampai ke Ibu Kota. Makanan ini berisi tahu goreng, tauge, taburan seledri, serta disiram dengan bumbu petis. Konon nama tahu tek ini datang dari langkah penyajiannya yang memakai gunting, tidak dengan pisau untuk memotong beberapa bahan makanan itu jadi ukuran kecil. Nada tek-tek yang diakibatkan waktu memakai gunting memberikan inspirasi nama panganan ini.

15. Nasi Cumi Siaga 

Tempat makan Nasi Cumi Siaga ada di Jalan Siaga, Surabaya. Tempatnya cukuplah populer sebab rasa-rasanya yang enak serta harga yang murah. Kedai ini menyiapkan beberapa jenis gabungan nasi serta cumi sampai rawon cumi.

16. Warung Bebek Tugu Pahlawan 

Sama dengan namanya, tempat makan Warung Bebek Tugu Pahlawan ada di dekat Tugu Pahlawan, Surabaya. Tempat ini cukuplah populer serta melegenda. Warung ini menyiapkan olahan bebek yang diberikan dengan nasi hangat. Semakin sengit sebab menyantapnya persis dibawah tenda. Tetapi janganlah salah, meskipun hanya warung tenda, Warung Bebek Tugu Pahlawan tetap ramai pengunjung yang hadir semenjak warung membuka jam 6 sore.

17. Sego Sambel Mak Yeye 

Sego Sambal Mak Yeye ialah salah satunya kuliner pilihan yang dapat kamu nikmati pada malam hari. Beberapa pengunjung yang hadir ingin nikmati kelezatan dari masakan simpel plus sambal merah ciri khas Mak Yeye. Dalam tempat ini, kamu dapat nikmati iwak pe yang disebut panganan dari ikan pari serta ditemani sambal merah yang ciri khas.

18. Warung Bu Kris 

Warung Bu Kris tidak asing buat masyarakat Surabaya. Walau labelnya warung, Warung Bu Kris telah mempunyai cabang restoran di semua pelosok nusantara. Di Warung Bu Kris, kamu dapat memakan olahan makanan yang dipenyet dengan sambal.

19. Mie Pecun 

Duh namanya ngeri ya, Mie Pecun. Sama dengan Nasi Goreng Jancuk, kamu akan disajikan kuliner pedas yang bisa membuat Anda ingin mengumpat. Akan tetapi tingkat kepedasan dari menu yang diberikan bisa diambil sama dengan seleramu.

20. Soto Ayam Lamongan Cak Har 

Meskipun datang dari Lamongan, kuliner yang satu ini harus dicoba jika kamu bertandang ke kota Surabaya. Soto Ayam Lamongan Cak Har yang ada di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno ini mempunyai beberapa jenis variasi dengan perasaan yang menggugah hasrat. Kamu bisa pilih soto, dari mulai daging sapi, ayam, ceker ayam, sampai jeroan.

Targetkan Berlibur dari Saat ini 

Surabaya adalah salah satunya contoh begitu kayanya Indonesia dengan macam kuliner ataupun obyek wisata menarik. Di daerah lainnya juga tidak kalah indah serta memanjakan lidah dengan wisata kulinernya. Jika kamu tertarik menelusuri nusantara, targetkan perjalananmu dari saat ini. Menabung, susun rincian beberapa tempat yang ingin disambangi, serta pesan ticket melalui promo-promo kartu credit. Dengan demikian, berlibur aman tiada membuat kantong jebol

0 Response to "KULINER SURABAYA YANG RASANYA ENAK"

Post a Comment