LANGKAH MENANGANI KUPING SAKIT SEBAB MENYELAM

Caraterbaruku - Menyelam serta lihat keindahan bawah laut ialah perihal yang begitu menyenangkan. Tetapi sayangnya, kadang menyelam dapat juga tinggalkan bermacam masalah pada badan. Diantaranya ialah perasaan sakit pada telinga yang dikarenakan barotrauma.

Barotrauma adalah keadaan ketidaknyamanan pada kuping karena pergantian desakan. Barotrauma ini seringkali dihadapi seorang waktu menyelam, terpenting menyelam di kedalaman lebih dari 10 mtr..

LANGKAH MENANGANI KUPING SAKIT SEBAB MENYELAM
langkah menangani kuping sakit sebab menyelam

Janganlah Cemas, Tangani dengan Langkah Ini 

Ada bermacam tanda-tanda yang mungkin Anda alami karena barotrauma, salah satunya ialah perasaan ngilu dalam kuping, kesusahan dengar atau masalah pendengaran, pusing, serta mimisan. Karena itu lakukan penyelaman dengan setahap, supaya badan bisa beradaptasi dengan desakan bawah laut.

Bila Anda menyelam sangat cepat, bisa membahayakan telinga Anda. Desakan tinggi dapat membuat telinga berasa penuh. Jika didiamkan serta desakan makin tinggi, jadi gendang telinga bisa pecah. Saat air masuk lubang pada gendang telinga yang sudah pecah, Anda bisa jadi bingung, mual, sampai muntah. Anda dapat juga rasakan pusing berputar-putar atau diketahui menjadi vertigo.

Selangkah berikut ini, bisa menolong Anda menangani barotrauma:

  • Kerjakan dekompresi 


Bila telinga berasa penuh atau seperti tertekan, semestinya jauhi menyelam lebih dalam. Kerjakan tehnik dekompresi, dengan tutup mulut serta hidung, lalu tiup hawa sampai terdengar bunyi keletuk dalam telinga.

  • Hentikan penyelaman 


Bila gagal, jadi hentikan penyelaman serta naiklah ke permukaan dengan perlahan-lahan. Berhentilah seringkali untuk lakukan tehnik dekompresi serta rekonsilasi desakan.

  • Meminta pertolongan rekanan penyelam 


Waktu menyelam, Anda disarankan mempunyai rekanan penyelam, supaya bisa sama-sama menolong serta mengamati. Begitupun waktu alami barotrauma, rekanan Anda akan menolong naik ke permukaan, sekalian mengamati keadaan Anda.

  • Janganlah cemas 


Aduan barotrauma seperti kuping sakit, mual, muntah, atau pusing berputar-putar, bisa membuat Anda terasa kuatir. Akan tetapi jangan pernah cemas, sebab cemas bisa menggerakkan Anda naik sangat cepat serta memunculkan permasalahan baru. Masih tenang serta berikan rekanan Anda untuk menolong Anda naik dengan perlahan-lahan.

  • Membersihkan serta keringkan telinga 


Sesampainya di permukaan, selekasnya membersihkan telinga serta yakinkan keadaan telinga masih kering. Janganlah masukan benda atau cairan apa pun ke telinga, serta selekasnya mencari pertolongan medis.
Untuk menolong kurangi aduan, ada banyak hal lainnya yang dapat Anda kerjakan tidak hanya lakukan tehnik dekompresi, yakni kunyah permen karet, menguap, atau ambil napas dalam seringkali.

Panduan Menahan Barotrauma Waktu Menyelam 

Sebelum lakukan berolahraga menyelam, semestinya Anda ikuti kelas menyelam terlebih dulu. Anda akan di ajarkan teori atau langkah penggunaan alat yang sesuai dengan keperluan menyelam, turun ke air dengan benar, dan langkah bersihkan telinga supaya tidak berlangsung cedera serta ngilu pada telinga. Pasti Anda akan belajar bermacam perihal yang lain yang dibutuhkan untuk mengawasi keselamatan Anda saat menyelam.

Sejumlah besar masalah barotrauma dapat pulih dengan sendirinya, tiada penyembuhan spesial. Akan tetapi Anda masih dianjurkan untuk memperiksakan-diri ke dokter, supaya bisa dikasihkan perlakuan jika diperlukan. Bila perasaan sakit tidak kunjung hilang dalam beberapa waktu, semestinya Anda kembali berkonsultasi ke dokter.

Caraterbaruku Menyelam bisa jadi hiburan yang begitu menyenangkan untuk melepas capek dari kegiatan keseharian. Tetapi, janganlah dibiarkan hal tersebut malah memunculkan resiko masalah kesehatan seperti kuping sakit, cuma sebab Anda kurang waspada waktu menyelam.

0 Response to "LANGKAH MENANGANI KUPING SAKIT SEBAB MENYELAM"

Post a Comment