MANFAAT KENTANG BAGI BAYI KECIL

Caratebaruku apakah boleh bayi 6 bulan makan kentang?
Apa sich faedah kentang untuk bayi usia 7, 8,9,10 bulan?
Bolehkah bayi makan kentang sehari-hari?

MANFAAT KENTANG BAGI BAYI KECIL
manfaat kentang bagi bayi kecil

Kentang ialah sayuran sangat popular serta ada dengan luas di hampir semua belahan dunia. Faedah kentang untuk bayi mencakup perbaikan kesehatan gastrointestinal, perlindungan hati, manfaat antivirus, perlindungan kulit serta pengobatan luka bakar kulit. Tanaman tersebut bisa tumbuh dalam beberapa keadaan cuaca serta karena itu, kentang dapat didapat dengan gampang.

Kentang ialah makanan bayi yang tinggi akan pati 

Kentang dipercaya datang dari Amerika Selatan serta sudah dibudidayakan pada 8000 serta 5000 SM. Beberapa orang Spanyol yang pertama-tama menamai umbi ini. Nama yang mereka beri ialah 'patata' atau 'batata' yang lalu ditransformasikan jadi kentang dalam bahasa Inggris.

Pada awal era ke -20, kentang sudah jadi salah satunya sayuran yang begitu popular dalam dunia barat serta pada pertengahan era ke -20, kentang pun masuk sejumlah besar negara dunia ke-3. Sekarang ini, customer kentang paling besar dalam dunia ialah China yang menghasilkan 74 juta ton pada tahun 2010. Produsen paling tinggi ke-2 ialah India dengan produksi 36 juta ton. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan tahun 2008 menjadi 'Tahun Internasional Kentang' untuk membuat kesadaran mengenai kentang di beberapa negara berkembang menjadi tanaman dengan kekuatan segi komersial.

Usia berapakah Bayi bisa makan kentang? 

Kentang ialah salah satunya sayuran simpel yang dapat dengan suka hati dikenalkan pada makanan awal bayi Anda. Kentang gampang diolah serta mensuplai daya supaya bayi dapat aktif. Akan tetapi sebab kandungan kalori tinggi serta kandungan nutrisi yang rendah, lebih baik memperkenalkan kentang pada anak Anda pada umur 8-10 bulan. Kentang umumnya tidak memunculkan resiko alergi hingga Ibu juga bisa mengenalkannya semenjak umur 7 bulan. Beberapa orang tua pilih untuk menanti sampai umur 10 bulan untuk memperkenalkan kentang pada bayi hingga bayi memperoleh semakin banyak nutrisi dari makanan padat yang lain.

Gizi pada Kentang 

Nilai gizi Kentang Putih sebetulnya tidaklah terlalu tinggi. Kentang memiliki kandungan beberapa vitamin A serta Vitamin C, dan potassium, elemen pati mereka tinggi. Karbohidrat memberi 252 kalori dalam 1 kentang putih panggang.

Kentang Putih: (1 ukuran tengah - dipanggang)

  • VITAMIN: 
  • Vitamin A - 0 IU 
  • Vitamin C - 20 mg 
  • Niacin - 2,17 mg 
  • Folat - 14 mcg 
  • Vitamin B1 (tiamin) - .16 mgMengandung beberapa vitamin lainnya dalam jumlahnya kecil. MINERAL: 
  • Kalium - 610 mg 
  • Fosfor - 78 mg 
  • Magnesium - 39 mg 
  • Kalsium - 8 mg 
  • Sodium - 8 mg 
  • Selenium - 5,7 mg 
  • Besi - .55 mg 
  • Berisi seng, mangan serta yang lain 

Bolehkah Bayi Makan Kentang Sehari-hari? 

Untuk orang dewasa, kentang aman untuk dikonsumsi sehari-hari, tapi mesti digabung dengan bahan makanan lainnya supaya mendapatkan nilai gizi yang seimbang. Akan tetapi pada beberapa bayi, kentang dapat mengakibatkan gas. Jadi, semestinya Ibu tidak memberi puree kentang sehari-hari serta memberi pada bayi 2x satu minggu. Kentang pun akan tidak mengakibatkan sembelit pada bayi.

Faedah kesehatan kentang 

Mengenalkan kentang pada bayi Anda mempunyai faedah kesehatan misalnya: 

Persediaan vitamin serta mineral: Kentang memasok jumlahnya vitamin serta mineral yang cukuplah meskipun tidak sepadan dengan sayuran yang lain.

Terpenting untuk kesehatan gastrointestinal: Kentang memiliki kandungan gula alkalin tinggi, gula ini bisa menolong turunkan kandungan asam pada tubuh. Perihal ini laku untuk bayi serta balita sebab pada beberapa masalah, mereka masih tetap rawan dengan keasaman. Diluar itu, kentang bisa
menolong menahan fermentasi dalam usus serta tingkatkan perkembangan bakteri ramah.

Membuat perlindungan hati: Studi saat ini tunjukkan jika kentang itu baik untuk hati. Kulit kentang terutamanya sudah didapati begitu efisien dalam membuat perlindungan hati dari rusaknya kimia. Konsumsi kentang dengan kulitnya utuh dapat begitu menolong hati.

Karakter antiviral: Studi sudah tunjukkan jika kentang, terutamanya, kentang fleshed merah memiliki kandungan biokimia yang dimaksud anthocyanin. Antosianin ini hentikan perkembangan virus influenza.

Perlindungan kulit: Kentang dapat juga dipakai untuk perlindungan kulit. Vitamin C, pati serta enzim yang ada pada kentang begitu menolong dalam memberikan nutrisi pada jaringan kulit. Juice kentang dengan alkalinitasnya mempunyai aksi antiseptik menantang kulit mati, membuat kulit sehat serta bersinar.

Mengobati luka bakar pada kulit: Tidak hanya memberikan sinar sehat ke kulit, kentang sangat bermanfaat dalam pengobatan luka bakar minimum 1 derajat. Potongan kentang yang baru iris langsung bisa ditempelkan pada luka bakar saat sangat dikit 15 menit sampai 1 jam. Tidak hanya luka bakar, potongan kentang dapat juga dipakai untuk peradangan yang dikarenakan oleh gigitan serangga serta dermatitis.

Langkah Memproses kentang untuk bayi 

Pilih kentang : Kentang adalah salah satunya bahan makanan yang punya potensi terkontiminasi dengan pestisida, maka bila Ibu ingin, pilihkan yang organik. Cari kentang yang kencang serta bebas dari retakan, noda, atau titik-titik lunak. Jauhi kentang yang telah mulai bertunas karenanya bermakna telah tua. Satu kentang medium membuahkan seputar lima ons pure.

Membersihkan serta kupas: Waktu Ibu mulai memberikan kentang pada bayi, membersihkan serta kupas susunan luar kentang. Dengan bersihkan serta terkelupas, Ibu menghilangkan kotoran dan residu pestisida apapun di permukaan.

Upayakan untuk Mengukus: Saat step awal, berikan cuma kentang kukus yang dipotong kecil-kecil. Ibu dapat juga coba menumbuk kentang. Janganlah merebus kentang atau sayuran apapun. Merebus akan kurangi kandungan vitamin serta mineral terpenting

Beri cuma sebagian kecil kentang: Kentang memiliki kandungan jumlahnya pati yang tambah tinggi serta jumlahnya vitamin serta mineral yang relatif rendah. Jadi, Ibu dapat memberikan cuma beberapa sendok teh kentang ke pada makanan bayi menjadi perjumpaan.

Inspirasi makanan bayi dengan kentang:
Menjadi makanan jari (fingerfood), potong kentang dengan ukuran kecil lalu kukus.
Haluskan kentang kukus bersama dengan ubi jalar.
Haluskan kentang serta campur dengan susu formula, imbuhkan dikit bawang putih cincang yang telah dipanggang/ditumis dengan mentega.
Haluskan kentang serta campur dengan kaldu ayam, imbuhkan tumisan bawang putih menjadi perasa (untuk bayi yang lebih tua)
Haluskan kentang hangat serta campur dengan keju parut.
Campur puree kentang dengan butternut squash, wortel, Kacang hijau, Kacang polong, kacang-kacangan, daging ayam, daging sapi, ikan.

Caratebaruku begitulah cara mengupas dan mengolah kentang, semoga bermanfaat yach bagi bayi kita. Aamiin.

0 Response to "MANFAAT KENTANG BAGI BAYI KECIL"

Post a Comment