10 MAKANAN KHAS KALIMANTAN TIMUR

Caraterbaruku - Berjalan-jalan ke Kalimantan Timur rasa-rasanya kurang komplet bila tidak mencicip makanan ciri khas dari propinsi yang mempunyai ibu kota Samarinda itu. Selesai jalan-jalan di pinggir Sungai Mahakam yang elok serta jadi kebanggaan penduduk KalTim (Kalimantan Timur), mari kita telusuri wisata kuliner di propinsi yang penduduknya sejumlah seputar 3,6 juta orang itu. Sama dengan propinsi yang lain, 

10 MAKANAN KHAS KALIMANTAN TIMUR

Kalimantan Timur pun mempunyai kuliner andalan yang rasa-rasanya bisa diadu dengan sajian ciri khas lokasi yang lain yang berada di Indonesia. Nah, berikut rincian makanan ciri khas Kalimantan Timur yang dapat Anda cicip saat bertandang kesana.

1. Nasi Kuning Samarinda 

Siapa yang tidak senang dengan nasi kuning? Sajian yang satu ini begitu umum diketemukan di hampir semua lokasi di Indonesia. Tetapi Nasi Kuning Samarinda ini mempunyai cita perasaan serta lauk yang dikit berlainan dari nasi kuning biasanya. Nasi kuning Samarinda ialah nasi yang berwarna kuning (sebab diwarnai dengan kunyit) yang diberikan dengan ikan haruan (ikan gabus), telur bumbu bali, bawang goreng, serta serundeng. Di Samarinda, Anda bisa memakan menu nasi kuning ini saat pagi atau malam hari.

2. Ayam Cincane Dulu, 

menu makanan ini cuma diberikan saat acara-acara terpenting, seperti pernikahan atau kelahiran saja. Namun, sekarang ini ayam cincane bisa diketemukan umumnya warung serta rumah makan yang ada di Kalimantan Timur. Bahan basic ayam cincane ialah ayam kampung. Perasaan santan serta rempah-rempah lainnya, seperti jahe, lengkuas, serta kemiri terasa sangat saat Anda melahap ayam yang di proses lewat cara dibakar diatas bara api ini. Ayam cincane begitu nikmat jika disantap bersama dengan sepiring nasi putih hangat serta sambal tomat yang pedas manis.

3. Nasi Bekepor 

Nasi bekepor ialah nasi putih yang digabung dengan ikan asin, rempah-rempah, serta minyak sayur. Umumnya nasi bekepor ini diberikan dengan sayur gangan asam kukar, yaitu semacam sayur asem yang di proses dengan kepala ikan serta ubi manis. Diluar itu, Anda dapat juga pilih lauk Daging Masak Bumi Hangus untuk dikonsumsi dengan nasi bekepor. Wah, apakah itu Daging Masak Bumbu Hangus? Ini ialah semacam daging yang dibuat dengan kecap. Nama sajian di Kalimantan Timur ini cukuplah unik, ya?

4. Pepes Kepiting 

Mungkin Anda biasa memakan pepes ikan, pepes tahu, atau pepes udang. Nah, tapi menu pepes kepiting ciri khas Kalimantan Timur ini mungkin adalah suatu hal yang baru buat Anda serta juga bakal membuat Anda ketagihan sesudah mencobanya. Pepes kepiting terbuat dari kepiting soka yang dibuat dengan cabe merah, cabe rawit, serai, daun kemangi, serta rempah-rempah yang lain. Setelah itu kepiting soka serta bumbu yang telah ditumis itu dibungkus dengan daun pisang. Sesudah itu, pepes dikukus sampai masak, baru lalu di bakar diatas api.

5. Sate Payau 

Di Kalimantan Timur ada satu makanan ciri khas yang cukuplah populer, yaitu Sate Payau. Bila Anda belumlah tahu apakah itu sate payau, ini ialah sate yang terbuat dari daging rusa. Sayangnya, makanan yang satu ini telah mulai langka, sebab rusa ialah salah satunya satwa yang dilindungi. Namun, makanan ciri khas Kalimantan Timur ini masih tetap dapat didapati di acara kebiasaan atau beberapa festival yang diselenggarakan di propinsi itu. Struktur daging payau ini cenderunglebih lembut serta empuk bila dibanding dengan daging sapi. Tidak hanya jadikan sate, daging rusa ini pula dibuat dengan bumbu pedas atau dipepes.

6. Sambal Raja 

Sama dengan namanya, makanan ini adalah sajian ciri khas Kerajaan Kutai. Ya, pada zaman dulu, makanan ini cuma dapat di nikmati di kelompok kerajaan saja. Bila disaksikan dengan selintas, sambal raja ini serupa dengan urap-urap. Isi dari sambal raja ini ialah bermacam sayuran, seperti kacang panjang, terong, serta potongan bawang merah. Lalu, sayuran itu disiram dengan bumbu halus dengan perasaan yang pedas serta fresh. Untuk lengkapi makanan ciri khas Kalimantan Timur ini umumnya akan dikasihkan potongan telur rebus diatas sambal raja ini.

7. Bubur Pedas 

Nah, makanan yang satu ini begitu harus dicoba bila Anda ialah pengagum makanan pedas. Bubur pedas ialah sajian ciri khas Suku Sambas, Kalimantan Barat. Walau demikian, makanan ini bisa diketemukan dengan gampang di Kalimantan Timur serta telah jadi makanan ciri khas propinsi itu.

Janganlah pikirkan Anda cuma akan mendapatkan perasaan pedas yang pekat saat memakan sajian ini. Masalahnya bubur pedas pun di proses dengan beberapa rempah-rempah, seperti ketumbar, jinten, lengkuas, lada hitam, serai, serta cabe. Jadi, cita perasaan bubur ini bukan sekedar pedas saja.

8. Gence Ruan 

Namanya mungkin terdengar asing di telinga kita. Akan tetapi, Gence Ruan jadi sajian favorite sebagai kebanggaan penduduk Kalimantan Timur. Bahan penting dari masakan ini ialah ikan gabus atau yang diketahui dengan ikan haruan. Ikan gabus utuh itu diberi dengan garam sebelum dibakar. Sesudah dibakar, ikan gabus disiram dengan tumisan bumbu dari rempah-rempah berbentuk bawang merah, bawang putih, cabe merah, air asam jawa, serta bumbu yang lain.

9. Amplang Kerupuk 

ciri khas Kalimantan Timur ini seringkali dicari oleh beberapa wisatawan untuk jadikan oleh-oleh. Amplang atau yang lebih diketahui dengan nama Kuku Macan ini ialah semacam krupuk yang terbuat dari ikan. Meskipun memiliki bahan basic ikan, amplang tidak mempunyai perasaan yang amis. Malah kerupuk ini mempunyai perasaan gurih serta enak.

10. Pisang Gapit 

Jika Anda tengah jalan-jalan di seputar pinggir Sungai Mahakam, Anda akan menjumpai beberapa pedagang yang jual Pisang Gapit. Pisang gapit ini begitu cocok dikonsumsi waktu bersantai sekalian nikmati keindahan sungai Mahakam. Penampilan dari pisang gapit ini serupa dengan pisang epe ciri khas Sulawesi Selatan. Ketidaksamaan dari ke-2 jajanan itu terdapat pada saus pendampingnya. Pisang epe dikonsumsi dengan saus gula merah, sedang pisang gapit dicocol dengan saus durian yang begitu lezat. Makanan kecil yang satu ini diberi nama ‘Gapit’ sebab proses pengolahannya memakai alat yang berbentuk papan kayu seperti talenan, pisang akan digapit atau dijepit dengan papan itu. Sesudah memiliki bentuk jadi pipih, pisang akan dibakar sampai warnanya menjadi kecoklatan.

Caraterbaruku Mengulas mengenai makanan ciri khas Kalimantan Timur ini membuat perut berasa lapar, ya? Yuk, tulis rincian makanan yang direferensikan oleh Keluyuran ini menjadi rujukan saat Anda ingin berwisata kuliner di Kalimantan Timur

0 Response to "10 MAKANAN KHAS KALIMANTAN TIMUR"

Post a Comment