10 MAKANAN KHAS PALANGKARAYA YANG NIKMAT

Palangkaraya ialah ibu kota dari Propinsi Kalimantan Selatan. Di palangkaraya ada 3 suku yang menguasai salah satunya suku Dayak, Jawa dan Banjar. Karenanya ada tiga suku itu jadi tidaklah heran bila makanan ciri khas Palangkaraya didominasi dari ke-3 suku itu.

10 MAKANAN KHAS PALANGKARAYA YANG NIKMAT

Bertandang ke Palangkaraya begitu rugi pada saat melupakan makanan asli Palangkaraya yang unik dan lezat. Kalimantan Tengah mempunyai kekuatan alam yang begitu bagus hingga begitu pas untuk jadikan menjadi tujuan wisata yang bagus.

Bila kamu kelak mempunyai peluang untuk hadir ke Kalimantan Tengah janganlah cuma nikmati wisata alamnya saja tetapi harus juga nikmati makanan ciri khas Palangkaraya. Tersebut 10 rincian makanan ciri khas Palangkaraya yang dapat jadikan menjadi referensi.

1. Juhu Umbut Rotan 

Kehadiran rimba tropis yang berada di Pulau Kalimantan nyatanya memberi dampak pada keragaman kulinernya. Pada saat kamu sering dengar nama rebung nah di Kalimantan Tengan persisnya di Palangkaraya ada makanan yang serupa dengan rebung yang dinamakan juhu umbut rotan. Makanan satu ini memakai rebung rotan yang masih tetap muda menjadi bahan pentingnya.

Proses membuatnya memakai tenaga tambahan lebih waktu menghilangkan duri-duri yang berada di batang rotan. Rotan lalu dipotong kecil-kecil serta dikasih bumbu rempah spesifik. Umbu rotan dapat dibuat bersama dengan santan atau tidak. Penyajian umbu rotan dikerjakan bersama dengan kuliner lainnya seperti ikan patin atau nila bakar.

2. Lemang 

Lemang adalah type makanan seperti lontong atau ketupat yang memakai bahan beras ketan menjadi bahan pentingnya. Langkah memproses beras ketan jadi lemang ini memakai langkah unik sebab dibuat dalam seruas bambu. Sebelum beras dimasukkan dalam bambu terlebih dulu beras digulung dengan memakai daun pisang atau juga bisa memakai daun bambu.

3. Hintau Karuang 

Asal muasal makanan ini dari Banjarmasin, namun kamu dapat juga memperolehnya di Kalimantan Tengah. Dalam bahasa Banjar, Hintau bermakna telur sedang karuang bermakna kelelawar. Akan tetapi janganlah disangka makanan dari Kalimantan ini betul-betul memakai kelelawar menjadi bahan pentingnya. Orang Banjar memang memberikannya nama unik karena bentuk makanannya yang memiliki ukuran kecil seperti telur kelelawar.

4. Ikan Bakar Ciri khas Palangkaraya 

Apakah yang memperbedakan ikan bakar di Palangkaraya dengan ikan bakar di Jawa? Ikan bakar adalah type makanan yang dapat diketemukan dengan gampang di sejumlah lokasi di Indonesia. Akan tetapi yang memperbedakan nyatanya terdapat pada ukuran ikannya. Ikan bakar dari Kalimantan adalah type ikan yang datang dari sungai. Nah walau datang dari sungai ikan bakar Kalimantan ini mempunyai ukuran yang besar.

Di kota Palangkaraya banyak pedagang yang jual menu makan ikan bakar dengan perasaan yang nikmat dan ukuran ikan besar-besar.

5. Bangamatp 

Pada kuliner nomor 3 awal mulanya barusan sudah diterangkan satu makanan yang mempunyai makna nama telur kelelawar akan tetapi benar-benar tidak memakai kelelawar. Nah di nomor 5 ini kamu akan betul-betul menjumpai makanan dengan bahan basic berbentuk kelelawar namanya bangamat. Bangamat memakai daging kelelawar menjadi bahan dasarnya.

Daging kelelawar sebelum di proses akan melalui proses pembersihan terlebih dulu lalu baru dibuat sampai masak. Daging kelelawar umumnya dibuat dengan sulue kelari atau memakai sayur hati batang pisang. Bangamat ini adalah type kuliner yang cuma dapat didapati di kalimantan Tengah hingga bila kamu berpeluang untuk bertandang ke Palangkaraya janganlah lupa untuk mencicipinya.

6. Wadi 

Wadi ini adalah makanan dari ikan yang awal mulanya telah difermentasi terlebih dulu. Masyarakat asli suku Dayak suka pada type makanan ini namun buat kita yang tidak pernah mencicipinya akan kaget dengan berbau makanan satu ini. Pasalnya baunya begitu menusuk.

Wadi atau ikan yang telah difermentasi ini dibikin dengan rangkaian proses yang susah kira-kira dua hari dua malam baru lalu disantap. Untuk type ikannya, sebagian besar type ikan di sungai dapat jadikan wadi. Ikan yang telah di proses jadi wadi ini dapat bertahan beberapa bulan bahkan juga sampai sekian tahun.

7. Kalumpe 

Kalumpe adalah sayur yang datang dari suku Dayak Kalimantan Tengah. Dengan penampilan sayur kalumpe ini serupa dengan sayur dari daun singkong yang sering didapati di dataran Jawa dan sekelilingnya. Sayur ciri khas dari Palangkaraya ini terbuat dari daun singkong. Yang memperbedakan kalumpe dengan sayur singkong biasanya yakni pada kalumpe daun singkongnya ditumbuk sampai halus sebelum di proses serta diberikan.

Kalumpe pun memiliki kandungan kuah kental yang terbuat dari kombinasi bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, kayu manis sampai cabai.

8. Terong Mapui 

Nama makanan satu ini masih tetap cukuplah asing terdengar ditelinga. Terong mapui adalah type kuliner dengan memakai bahan basic terong ungu memiliki ukuran lumayan besar. Terong ini lalu di proses lewat cara dibakar sampai sisi kulit dan dagingnya lebek serta masak. Bila telah jadi terong diolesi dengan bumbu yang terbuat dari cabai rawit, terasi, serai dan garam. Terong mapui biasa disajikan menjadi lauk pendamping menu penting berbentuk ikan bakar serta nasi hangat. Cita perasaan dari terong mapui yang pedas, asam, serta manis akan meningkatkan perasaan nikmat waktu memakan ikan bakar.

9. Juhu Kujang 

Bahan makanan satu ini memakai Keladi menjadi bahan dasarnya. Bila kamu tidak tahu, kaladi adalah type tanaman terna dengan daun memiliki ukuran lebar dan berumbi yang biasa diketemukan di alam liar. Tanaman kaladi ini oleh penduduk banyak dipakai menjadi bahan herbal seperti obat-obatan dan biasa dipakai untuk bikin menu masakan spesifik.

Jahu kujang atau gula keladi ini memakai type tanaman keladi yang awal mulanya telah di proses terlebih dulu. Arah dari pemrosesan ini untuk menghilangkan perasaan gatal yang biasa muncul waktu proses pemasakan dan disajikan. Tidak cuma itu saja, juhu kujang pun memiliki kandungan beberapa bahan penambahan seperti ikan yang awal mulanya telah digabung dengan beberapa bumbu, santan kelapa dan daun nangka muda yang dipotong kecil-kecil.

10. Kue Gagatas 

Type makanan ciri khas Palangkaraya yang paling akhir ini terbuat dari beras ketan. Pada jaman dulu banyak masyarakat yang konsumsi kue ini saat tengah paceklik. Tidak cuma di Palangkaraya saja, kue gagatas ini dapat juga diketemukan di Surabaya dan banyak daerah di sekelilingnya. Kue gagatas banyak di jual di pasar tradisionil menjadi bahan jajanan atau cemilan. Untuk harga nya pun termasuk ramah di kantong hingga tidaklah heran pada saat makanan satu ini mempunyai pengagum cukuplah banyak. Untuk penampilannya, kue gagatas ini mempunyai penampilan lonjong seperti telur.

Caraterbaruku Demikian rincian 10 makanan ciri khas Palangkaraya, bila kamu berpeluang untuk bertandang ke Palangkaraya janganlah lupa untuk nikmati hidangan kuliner itu. Makanan ciri khas kalimantan tengah, jajanan ciri khas palangkaraya, makanan ciri khas palangkaraya, makanana ciri khas palangkaraya, masakan yang berada di palangkaraya, oleh oleh ciri khas kalimantan palangkaraya, oleh oleh ciri khas palangkaraya

0 Response to "10 MAKANAN KHAS PALANGKARAYA YANG NIKMAT"

Post a Comment