MAKANAN LOKAL INDONESIA, RASA MENDUNIA

Indonesia tidak cuma kaya budaya serta alamnya saja, tetapi pun kaya makanan ciri khas yang begitu sayang sekali bila ditinggalkan. Bahkan juga makanan ciri khas daerah Indonesia masuk dalam rincian makanan sangat lezat dalam dunia yaps diantaranya ialah rendang. Telah kita ketahui jika rendang adalah maknan ternikmat sekarang ini, dibikin dengan bumbu serta perasaan yang ciri khas yang membuahkan kelezatan tidak tertandingi.

MAKANAN LOKAL INDONESIA, RASA MENDUNIA

Akan tetapi pada rincian kesempatan ini tidak cuma mengulas tentang rendang saja, tetapi akan mengulas tentang bermacam makanan ciri khas daerah Idonesia. Untuk kamu semua yang suka berjalan-jalan keliling nusantara jadi begitu sayang sekali pada saat tidak mencicip lezatnya hidangan kuliner makanan ciri khas Indonesia.

1. Rendang 

Rincian makanan ciri khas daerah Indonesia yang pertama dihuni oleh makanan sangat enak dalam dunia yakni rendang. Bukan rahasia kembali bila kebanyakan orang tahu dengan makanan yang satu in. Makanan yang memakai daging sapi ini cukuplah populer hampir ke semua pelosok nusantara.

Kamu pasti sempat dengar jika rendang ini dinobatkan menjadi makanan terlezat dalam dunia oleh CNN. Dengan publikasi itu membuat rendang semakin diketahui kembali dengan internasional.

Bahan basic yang dipakai untuk bikin rendang yakni daging sapi dengan kombinasi banyak bumbu dan rempah pilihan. Daging sapi itu lalu dibuat dalam kombinasi rempah sampai masak serta meresap. Untuk rasa-rasanya telah janganlah di tanya kembali yang pasti akan membuat lidah kamu bergoyang.

2. Kerak Telor 

Makanan yang ke-2 ini adalah makanan yang datang dari ibu kota. Kerak telor adalah makanan ciri khas dengan bentuk seperti martabak akan tetapi mempunyai isian berlainan. kerak telor adalah gulungan telur yang awal mulanya telah dibuat diatas tungku dengan memakai cetakan wajan berisi ketan dan ubi. Nah isiannya berikut yang memperbedakan pada kerak telor dengan martabak telor.

3. Roti Buaya 

Masih tetap dengan kuliner ciri khas ibu kota, sesudah kerak telor mari kita kenal roti buaya. Roti buaya adalah makanan ciri khas penduduk Betawi yang sering disajikan pada saat mengadakan beberapa acara seperti pernikahan.

Tidak cuma mempunyai perasaan yang enak, roti buaya pun diberikan dengan bentuk yang besar mirip hewan buaya. Nah di ibu kota banyak pula toko yang menyiapkan roti buaya untuk mengkonsumsi penduduk luas.

4. Ikan Kuah Pala Banda 

Nah hidangan ciri khas Nusantara ke empat ini adalah makanan dari Maluku. Ikan kuah pala Banda adalah makanan dari kepulauan Banda Maluku. Masakan ini adalah type masakan yang sering diunggulkan oleh penduduk Banda karena aromanya yang dapat menggugah nafsu makan.

Bahkan juga saat Bangsa koloni masih tetap menjajah Nusantara, masakan ini jadi hidangan penting untuk petinggi-petinggi koloni di Banda. Hal itu menunjukkan jika kelezatan dari masakan ini tidak dapat disangsikan kembali. Sebab sudah terpercaya sejak dahulu sampai saat ini.

Yang jadikan makanan ini spesial yakni cita perasaan dari ikannya, kuahnya pun mempunyai kesenangan yang kaya dengan bumbu rempah hingga akan memberi perasaan fresh pada saat mencicipinya.

5. Coto Makassar 

Nah makanan dari daerah Indonesia ini pula cukuplah populer sampai pelosok nusantara. Nah inilah Coto Makassar. Coto Makassar dapat memberi kesan-kesan mendalam buat siapapun yang sempat menikmatinya. Hidangan yang kaya rempah ini mempunyai perasaan yang begitu renyah hingga akan memberi kesan-kesan mendalam pada siapapun yang menikmatinya.

Untuk sajiannya, Coto Makassar ini diberikan dengan kuah kental dan potongan daging besar dan daun bawang serta bawang goreng yang diberikan dengan terpisah. Untuk rasa-rasanya janganlah di tanya pastinya akan menggoyang lidah kamu semua.

6. Gudeg 

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Kamu yang bertandang ke Yogyakarta janganlah lupa untuk mencicip manisnya gudeg. Gudeg adalah type makanan dengan bahan basic nangka muda. Gudeg jadi simbol kuliner kota pelajar. Untuk rasa-rasanya, sebetulnya Gudeg mempunyai perasaan yang cukuplah manis hingga kurang cocok dengan lidah orang luar Jawa.

Akan tetapi cita perasaan manis ini akan makin nikmat pada saat disajikan dengan nasi pulen, sambel goreng krecek dan opor ayam yang gurih serta ditambahkan telur, tahu atau tempe bacem.

Ada dua jenis type gudeg, yakni gudeg basah serta gudeg kering. Bedanya terdapat pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibanding santan gudeg basah.

7. Pindang Gunung 

Nah untuk makanan ini adalah makanan ciri khas dari Ciamis. Pindang gunung adalah makanan berkuah sebagai sajian fresh berkuah dengan memakai bahan pentingnya ikan. Untuk rasa-rasanya, pindang gunung ini sering diberikan dengan perasaan asam pedas.

Bahan yang dipakai untuk bikin pindang gunung salah satunya ikan kakap, kakap merah bahkan juga tongkol.

Umumnya dipotong – potong lantas dimasukkan ke panci yang telah berisi air yang dibumbui dengan beberapa bahan seperti kemiri, cabe, jahe, terasi, garam serta lainnya – lainnya.

Kamu dapat nikmati sajian ikan fresh ini di beberapa tempat di Ciamis. Dari mulai restoran, warung – warung serta bahkan juga kadang kedai kopi pun menyiapkan sajian ini.

8. Nasi Timbel 

Nasi Timbel adalah kuliner ciri khas daerah Indonesia yang umumnya disediakan untuk beberapa petani lalu dikonsumsi waktu istirahat. Namun, saat ini Nasi Timbel ini diberikan untuk kebanyakan orang. Berkaitan dengan penyajiannya timbel biasa diberikan memakai daun pisang serta di warung makan umumnya diberikan dengan memakai piring.

Nasi Timbel ini ada bermacam lauk pauk salah satunya ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng dan japuh. Diluar itu untuk meningkatkan enaknya jadi dapat ditambahkan dengan lalapan dan sambal untuk meningkatkan nilai tradisionalnya.

9. Lotek 

Masih tetap dengan makanan yang datang dari Sunda. Lotek adalah makanan ciri khas Sunda yang serupa dengan gado-gado. Namun pada saat disaksikan proses membuatnya lotek lebih serupa dengan pecel ciri khas Jawa. Di Sunda, lotek ini jadi salah satunya type makanan yang banyak disukai oleh masyarakat. Nah bila sahabat bermain ke Jawa Barat janganlah lupa untuk coba enaknya lotek.

Lotek pun diberikan dengan memakai sayur mayur yang tidaklah terlalu berlainan dengan gado-gado seperti kangkung, kembang kol dan toge. Sayur mayur itu lalu dicacah serta disiram memakai bumbu kacang sesudah itu ditambahkan dengan kentang rebus yang awal mulanya telah ditumbuk.

10. Ayam Taliwang 

Nah ayam taliwang ini adalah makanan ciri khas nusantara dai Lombok. Ayam Taliwang telah populer di semua pelosok nusantara. Untuk rasa-rasanya ayam taliwang ini mempunyai perasaan pedas dan maknyus sekali. Tidak cuma dibakar saja, ayam taliwang pun sering diberikan lewat cara digoreng.

Ayam kampung yang diambil adalah ayam yang masih tetap muda hingga dagingnya begitu empuk serta gampang sekali di bebaskan dari tulang-tulangnya. Sensasi makanan pedas memang surganya kuliner di Lombok.

Caraterbaruku Itu 10 makanan ciri khas daerah Idonesia yang harus buat anda cicip, bagaimana sahabat telah siap nikmati yang manakah nih? Makanan ciri khas daerah Indonesia cukuplah sangat banyak macamnya, untuk rasa-rasanya janganlah di tanya kembali pastinya mendatangkan perasaan yang nikmat”

0 Response to "MAKANAN LOKAL INDONESIA, RASA MENDUNIA"

Post a Comment