MESJID GRESIK ADA DI THAILAND

Caraterbaruku - Tahukah Anda, ada Masjid Gresik di Thailand Selatan? Ini jadi bukti jika orang Jawa sejak dahulu terkait dengan orang Pattani.

Berita senang buat anda muslim ingin liburan ke Thailand! Negeri Gajah Putih ini rupanya ramah buat beberapa pelancong muslim, sebab telah beberapa waktu ini, pemerintah Thailand tengah menggenjot wisata halal. 

MESJID GRESIK ADA DI THAILAND

Mendekati musim haji, saya berpeluang bertandang ke banyak daerah di Thailand. Bila dari Indonesia, kita akan datang di Bandara mulus di Bandara Internasional Suvarnabumi di Bangkok, bandara termegah, paling besar, serta paling baru di Thailand.

Di Bangkok sendiri, banyak obyek wisata yang tawarkan paket wisata halal, dari mulai hotel sampai makanan. Tempat yang sangat kesohor untuk wisatawan muslim adalah daerah Ramkhamhaeng.

Di lokasi ini, banyak penginapan muslim serta tempat makanan halal. Dari Bandara ke lokasi ini, kita cukuplah membayar 30 Baht (seputar Rp 10-12 ribu) dengan menaiki MRT sampai stasiun Ramkhamhaeng.

Tentang makanan janganlah takut sebab beberapa hotel di Bangkok telah menyiapkan makanan halal spesial buat anda, muslim traveler. Bagaimana jika perut kita telah keroncongan?

Janganlah cemas, kita masih tetap dapat berkunjung ke bermacam minimarket yang menyebar di lokasi ini. Ada peristiwa menarik saat pertama-tama bertanya makanan halal ke penjaga toko.

Saya bertanya ada makanan halal? Penjaga itu mengerutkan dahi, lantas saya katakan makanan spesial muslim atau Islam. Ia baru sadar, serta mengantar kami pada makanan cepat saji, serta tunjukkan logo halal cap Majelis Ulama Thailand yang berwarna hitam dengan tulisan halal di tengahnya.

"Yang ada cap itu makanan spesial muslim," tuturnya.

Saya bersukur, di Thailand dapat disebut gampang temukan makanan halal, sebab ada cap halal di tiap-tiap makanan muslim di sini. Saya juga mencari di internet, rupanya telah lebih dari 120 ribu produk telah disertifkasi halal di Thailand.

Lantas, bagaimana dengan makanan di jalanan? Di daerah Ramkhamhaeng sendiri dengan gampang kita dapatkan tempat makanan halal dari mode PKL sampai restoran. Kita dapat singgah ke Sinthorn Steak House Halal Restaurant, yang mempersiapkan ruangan indoor serta outdoor.

Ada pula Ahmad Rosdee Indian Restaurant yang terdapat persis di tepi jalan raya Ramkhamhaeng. Tidak tertinggal, ruang instansi besar Islam Thailand yakni Islamic Center yang terdapat di lokasi ini.

Ada Masjid Gresik di Thailand 

Tidak hanya daerah Bangkok, Thailand lokasi selatan pun jadi favorite wisatawan muslim dari mancanegara. Survey CrescentRating serta masukkan Thailand di posisi ke dua sesudah Singapura dalam rincian 10 tujuan favorite wisatawan Muslim diantara negara non OKI.

Tempat seperti Pantai Phuket, Floating Market Hat Yai sangatlah kesohor buat wisatawan muslim termasuk juga muslim traveler Indonesia. Dari Bangkok, kita dapat naik pesawat ke Bandara Hat Yai di Thailand Selatan lewat Bandara Don Mueang.

Untuk salat di sarana publik juga cukuplah gampang. Di bandara, kami temukan musala yang lumayan besar. Terlihat pun toilet untuk muslim dibedakan. Saya masuk kedua-duanya, serta perbedaannya adalah toilet untuk umat Islam akan ada selang air, bukan memakai tisu.

Di bandara ini beberapa ribu orang berseliweran, demikian padat. Ke arah musalanya, nyatanya ruangannya lumayan besar, rata-rata 10x15 mtr., bahkan juga saya pikir semakin besar dari musala bandara di Soekarno Hatta.

Yang menarik, diatas pintu musala ada tulisan yang tidak hanya huruf Thai, bahasa Arab Jawi Melayu dipakai. Waktu itu sebab peristiwa Idul Adha serta Haji, tercatat diatas pintu musala dalam huruf Arab Jawi: Meminta pada Allah Subahanahu Wata'ala Memberikan Selamat Pada Jamaah Haji Masing-masing Orang dalam Pejalanan serta Mendapatkan Haji Mabrur.

Ini menarik buat saya sebab bahasa kita, bahasa Indonesia pun Melayu, dipakai bahkan juga di bandara. Sesudah datang di Bandara Hat Yai daearah Thailand Selatan juga saya temukan tulisan sama.

Thailand Selatan sendiri mempunyai beberapa ratus tujuan yang tidak kalah menarik di banding Bangkok. Kita dapat telusuri pantai Thailand Selatan yang menghadap Samudera Hindia.

Lokasi Thailand Selatan propinsi Pattani adalah lokasi sebagian besar muslim. Kita dengan gampang temukan warung-warung muslim di sini, serta tentunya ini begitu pas buat anda, muslim traveler.

Tidak hanya pantai yang menarik, kita dapat juga nikmati beberapa situs peninggalan riwayat. Yang sangat menarik ialah Masjid Gresik. Ya! Nama masjid ini diberi nama seperti nama Gresik di Indonesia.

Tulisan Thai-nya Krue se serta beberapa orang Thailand membacanya Gre-sik. Masjid ini jadi tujuan pelancong muslim sebab telah dibangun tahun 1583 serta dibuat dengan memakai formasi batu bata merah.

Kampung tempat Masjid Gresik ini diketahui menjadi kampung Melayu Gresik serta narasi ditempat mengatakan jika banyak dahulu ulama dari Gresik menuntut pengetahuan di Kerajaan Patani di waktu yang lalu.

Caraterbaruku Tidak hanya Kampung Gresik, di Pattani rupanya ada pula Kampung Bogor, Kampung Makassar, Kampung Jambi serta yang lain. Buat yang masih tetap ingin tahu, silahkan langsung kunjungi kampung-kampung ini. Masyarakat Thailand dengan ramah siap menyongsong kita

0 Response to " MESJID GRESIK ADA DI THAILAND"

Post a Comment