9 MAKANAN KHAS DARI DAERAH PADANG

Padang adalah ibu kota Propinsi Sumatera Barat dengan masyarakat asli dari suku minang kabau. Perihal yang pertama diingat bila dengar kata “Padang” ialah masakannya. Pedas serta berbumbu pekat adalah keunikan dari masakan padang. Bumbu penting yang seringkali dipakai ialah cabai. Rempah-rempah lainnya yang seringkali dipakai yakni jahe, kunyit, serai, daun jeruk, serta daun kunyit. 

9 MAKANAN KHAS DARI DAERAH PADANG

Diluar itu, santan pun jadi bahan masakan yang seringkali dipakai dalam masakan padang. Penggunaan bumbu yang banyak pada masakan padang di pengaruhi oleh kuliner India-Arab yang banyak juga memakai bumbu dala sajiannya. Daging sapi, ayam, ikan mas, daun singkong, kol, kacang panjang serta terong adalah bahan pangan penting yang berada di dapur Padang. Di bawah ini diberikan 9 Makanan Ciri khas Padang Terpopuler :

1. Sate padang 

Sate padang jadi salah satunya makanan ciri khas yang begitu disukai beberapa orang. Umumnya sate terbuat dari daging ayam serta daging kambing, akan tetapi sate padang terbuat dari daging sapi, jeroan serta lidah sapi. Lalu, ketidaksamaan lainnya dari sate padang dengan sate lainnya ialah kuahnya. Bila umumnya sate memakai kuah dari kacang serta gula, sate padang memakai kuah kuning yang kental serta gurih.

2. Rendang 

Rendang adalah makanan dengan bahan penting daging sapi serta bersantan kental. Bukan sekedar orang Indonesia yang suka pada makanan ini, orang luar negeri banyak juga yang menyenanginya. Tidak salah bila rendang sempat dinobatkan menjadi salah satunya makanan terlezat dalam dunia. Makanan satu ini begitu disukai sebab perasaan bumbunya yang ciri khas serta gurih. Asal mula rendang bermula dari kebiasaan orang minang yang menyukai merantau atau berdagang di perjalanan yang banyak menghabiskan waktu. Lalu rendang seringkali jadikan bekal sebab makanan ini dapat dikonsumsi dengan apa serta tidak gampang basi.

3. Dendeng balado 

Dendeng balado pun memiliki bahan basic daging sapi. Bila rendang umumnya dagingnya dipotong, jika dendeng balado dagingnya iris tipis sesuai dengan serat. Lalu dagingnya diungkep dengan beberapa jenis bumbu lantas dagingnya dipukul-pukul sampai memar. Sesudah itu, dibikin bumbu balado dengan cabai yang diulek kasar. Bila ingin lebih bertahan lama, umumnya dagingnya dikeringkan terlebih dulu.

4. Ayam pop 

Sangat banyak olahan daging ayam yang seringkali kita jumpai, diantaranya ialah ayam pop. Bahan ciri khas yang dipakai dalam pembuatan ayam pop ialah air kelapa. Sesudah daging ayam diberi dengan bumbu yang dihaluskan, lalu di rebus memakai air kelapa serta rempah lainnya seperti daun salam, daun jeruk, jahe, serai serta lengkuas sampai empuk serta digoreng sesaat dalam minyak panas. Menjadi pelengkapnya ialah sambal yang terbuat dari cabai, tomat, bawang merah dan ditambahkan petai supaya lebih nikmat.

5. Lamang tapai 

Lamang tapai jadi salah satunya camilan yang disenangi beberapa orang. Lamang terbuat dari beras ketan putih yang yang digabung santan, daun pandan, dikit garam serta dibuat dalam bambu muda. Tapai adalah tape beras ketan hitam yang difermentasi dengan ragi. Kombinasi pada lamang yang rasa-rasanya gurih dan tapai yang manis membuat makanan ini begitu menggugah hasrat

6. Keripik sanjai 

Salah satunya camilan ciri khas dari Sumatera Barat ialah keripik sanjai. Keripik ini terbuat dari singkong yang iris tipis-tipis. Lalu keripik dikasih bumbu-bumbu serta garam. Type keripik sanjai yang popular ialah keripik sanjai balado. Keripik yang telah digoreng dicampurkan dengan rata dengan sambal yang terbuat dari cabai, gula pasir, bawang putih serta cuka makan.

7. Asam padeh daging 

Masakan ini tidak memakai santan seperti rendang serta gulai. Rasa-rasanya lebih fresh serta gurih dengan kombinasi beberapa jenis rempah-rempah seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri,tomat, asam kandis, lengkuas, serai, daun jeruk purut, daun kunyit serta garam. Bahan pentingnya ialah daging. Juga bisa ditukar dengan ikan serta ditambahkan kentang. Perasaan asam didapat dari tomat serta asam kandis4).

8. Terong lado hijau 

Terong lado hijau umumnya digabung dengan ikan asin jambal roti serta petai supaya lebih nikmat. Bumbu yang dipakai seperti cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih serta asam kandis. Terong yang diambil yakni terong hijau4).

9. Gulai randuah 

Gulai randuah terbagi dalam beberapa jenis bahan penting. Beberapa bahan yang dipakai diantaranya terong bundar, jengkol tua, daun singkong muda, kentang, kacang panjang, udang rebon, santan serta rempah-rempah. Semua bahan jadikan satu serta rasa-rasanya begitu menggugah hasrat.

Caraterbaruku pasti ingin selalu mencoba kan, pengen mencoba nomer berapa yach. 

0 Response to "9 MAKANAN KHAS DARI DAERAH PADANG"

Post a Comment