PULAU KECIL : PASIR MUNCUL MEKO

Caraterbaruku - Ada banyak bentang alam Flores yang jarang orang tahu. Diantaranya Meko, si pulau kecil alias pasir muncul yang cantik di dalam laut Flores Timur. 

PULAU KECIL : PASIR MUNCUL MEKO 

Mungkin jika dengar nama Kabupaten Flores Timur (Flotim) di Nusa Tenggara Timur, langsung terbesit di kepala yakni perayaan Semana Santa di Larantuka. Akan tetapi, Flotim mempunyai tujuan yang tidak kalah indah mulai panorama sunset, sampai hamparan pasir muncul di dalam laut yang ada dekat Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. 

Masyarakat ditempat memberikan nama Pasir Muncul Meko. Dinamakan pasir muncul, karena ada gundukan pasir di dalam laut seperti pulau kecil tidak berpenghuni. Luasnya kira-kira tidaklah sampai 1 km. persegi. Pasir putih yang dikit berwarna pink ini kontras dengan warna laut yang biru kehijauan,

Pasir warna pink itu datang dari karang yang hancur. Keindahan ini terlihat prima dengan dipadukan pulau-pulau berwarna hijau yang subur. Tidak ada ombak di pantai pasir itu, cuma riak-riak kecil yang menyapu pasir putih yang lembut. Bila air laut pasang, pulau itu akan terbenam.

Akan tetapi, Keindahan Pasir Muncul Meko mesti dibayar dengan perjalananan yang cukuplah panjang. Dari Pelabuhan Pelni Larantuka di Kota Larantuka, traveler akan melintas ke pelabuhan Tubilota di Pulau Adonara. Kita bisa menumpang kapal motor dengah harga Rp 5 ribu dengan waktu tempuh kurang lebih cuma 10 menit.

Lalu, melewati Pulau Adonara. Sewa mobil jadi langkah yang pas ke arah ke Meko. Karena kurangnya transportasi umum serta jauhnya perjalanan jadi fakta. Perlu waktu seputar 2 jam untuk sampai di Dusun Meko.

Di dusun Meko ditempati oleh suku Bajo yang mata pencahariannya menjadi nelayan. Mereka hidup keseharian hasil dari tangkapan ikan. Dengan memakai sampan kecil, mereka menyebar jaring untuk tangkap ikan.

Masyarakat dusun disana dapat mengantar Kita ke Pasir Muncul Meko. Kamu bisa menyewa perahu nelayan lokal di harga Rp 400 ribu PP. Dalam perjalanan ke arah pulau itu, traveler akan disajikan panorama yang tidak kalah indah.

Kita akan melewati Laut Meko yang airnya begitu jernih. Selama jalan bersiap lihat terumbu karang warna warni. Lantas, bila kamu lihat ke belakang akan lihat Ile (Gunung) Boleng, disamping kiri serta kanan ada Bukit Sandosi serta Lembata. Sesaat di muka, ada gunung api.

Dengan aksesibilitas, ke arah Pasir Muncul Meko dapat lewat Kota Larantuka yang dapat dijangkau dengan dua penerbangan dari Kupang. Lewat Maumere dengan meniti perjalanan darat 4 jam dapat jadi pilihan perjalanan ke Larantuka.

Caraterbaruku Berkaitan Amenitas atau sarana simpatisan pariwisata seperti hotel serta restoran yang memberi keamanan serta kenyamanan buat beberapa wisatawan juga tumbuh berkembang. Di Kota Larantuka telah tumbuh hotel-hotel bahkan juga homestay

0 Response to " PULAU KECIL : PASIR MUNCUL MEKO "

Post a Comment