RESEP SOTO AYAM KHAS SUNDA

Jika kita bicara tentang masakan Nusantara, juga bakal terdapat beberapa pilihan makanan dari mulai yang pedas sampai yang mempunyai keunikan gurih serta manis dari Sabang sampai Merauke. Makanan ciri khas Indonesia memang berbagai macam cita perasaan serta langkah penyajiannya. Tidak cuma cita perasaan, akan tetapi type makanan di Indonesia pun berbagai macam, ada yang berkuah, kering atau camilan. Semua type makanan seakan berada di Indonesia.

RESEP SOTO AYAM KHAS SUNDA

Serta salah satunya makanan ciri khas Indonesia yang berada di mana-mana ialah soto. Soto sendiri mempunyai beberapa jenis type, ada soto ayam atau soto daging. Soto ayam adalah satu dari beberapa ratus ribu kuliner yang berada di Indonesia. Pada intinya soto ayam adalah makanan yang berkuah kuning dengan suwiran ayam di dalamnya. Cita perasaan soto ayam telah tak perlu kembali dipertanyakan. Jadi tidaklah heran bila sering kita menjumpai banyak macam dari soto ayam seperti soto ayam santan, soto ayam lamongan, soto ayam betawi, serta ada banyak kembali.

Seolah-olah tiap-tiap kota mempunyai soto yang ciri khas serta berlainan dari yang lainnya. Cita perasaan serta langkah memasak soto ayam memang berlainan setiap daerah, akan tetapi pada intinya sama juga. Ada banyak bahan basic yang sama, akan tetapi pasti tetap ada bahan yang ditambahkan hingga membuat rasa-rasanya berlainan. Tidak hanya soto ayam, ada pula soto daging yang pada intinya sama dengan soto ayam, akan tetapi digantikan dengan daging, membuat cita perasaan lainnya di olahan soto satu ini.


Penjual soto ayam sudah menjamur. Tetapi tidak ada kelirunya bila kamu coba membuat sendiri soto ayam di dalam rumah. Jika kamu belumlah tahu resep untuk bikin soto, tenang saja, untuk bikin hidangan soto yang menggugah nafsu makan

Bahan: 

- 250 gr daging ayam sisi dada
- 2 L air bersih
- 2 batang serai digeprek
- 2 cm jahe digeprek
- 2 cm lengkuas digeprek
- Kaldu ayam
- 1 sendok teh gula pasir
- Garam sekedarnya
- Minyak goreng sekedarnya

Bumbu soto ayam sunda yang dihaluskan: 

- Bawang merah (8 butir)
- Bawang merah (4 butir)
- Merica bubuk (1 sendok teh)
- 1 lobak (irislah titpis serta rebus)
- 100 gr kacang kedelai yang digoreng
- 2 seledri (irislah halus)
- Sebatang daun bawang (irislah halus)
- 2 sendok makan bawang goreng

Langkah membuat: 

a. Pertama rebus daging ayam sampai jadi kaldu.
b. Tumis bumbu-bumbu halus dengan sereh serta jahe sampai baunya harum. Tambahakan kaldu ayamnya.
c. Input bumbu tumisan itu ke rebusan ayam, aduk serta masak dengan api tengah.
d. Sambil menanti, bersihkan lobak serta potong bentuk dadu lalu rebus ke air panas lantas tiriskan.
e. Setelah itu tirisan lobak dimasukan ke rebusan ayam. Masak sampai betul-betul masak. Imbuhkan garam serta tes rasa-rasanya.
f. Sebelum diangkat, input daun bawang ke rebusana ayam.
g. Selanjutnya, angkat ayam serta potong berupa dadu.
h. Step akhir, sediakan soto ayam Sunda ke mangkuk bersama dengan bahan pelengkapnya

Tambahan nasi hangat jeruk nipis dan sambal membuat soto ini menjadi lezat cocok dimakan saja. Makan soto mau siang atau pun malam rasanya nikmat dan menyegarkan. Pokoknya makan soto lezat lezat .

0 Response to " RESEP SOTO AYAM KHAS SUNDA"

Post a Comment