Tidak hanya Gurih, Faedah Bawang Merah Pun Banyak

Tidak hanya membuat masakan berasa gurih serta harum, terdapat beberapa faedah bawang merah yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahan masakan yang lezat jadikan bawang goreng ini, nyatanya rendah kalori, bebas lemak, memiliki kandungan anti-oksidan, vitamin, serta mineral.

Bawang merah disangka datang dari Tiongkok, Asia Tengah, atau Asia Tenggara serta telah ada seputar tahun 2000 SM. Bawang merah bahkan juga sudah lama jadi bahan inti masakan Mediterania, Prancis, Amerika, serta Belanda. Umbi-umbian ini seringkali dipakai menjadi salah satunya bahan dalam saus salad (dressing), tumis-tumisan, bumbu gorengan, serta saus untuk meningkatkan perasaan.

Tidak hanya Gurih, Faedah Bawang Merah Pun Banyak 

Beberapa Faedah Bawang Merah sesuai dengan Kandungannya 

Bila dilihat dari kandungannya, sangat banyak faedah bawang merah buat kesehatan, tersebut penuturannya:

Vitamin C 

Bawang merah memiliki kandungan vitamin C. Bermacam faedah vitamin C, salah satunya:

  • - Menolong membuat perlindungan serta mengawasi beberapa sel badan supaya masih sehat, 
  • - Menolong pembentukan kolagen, serta memiliki kandungan anti-oksidan yang membuat perlindungan badan dari rusaknya karena radikal bebas, bahan kimia beracun, serta polusi. 
  • - Pelihara tulang, otot, serta pembuluh darah. 
  • - Tingkatkan penyerapan zat besi oleh badan. 

Vitamin B6 

Vitamin yang satu ini banyak diketemukan di sumber makanan hewani ataupun nabati, termasuk juga bawang merah. Vitamin B6 bertindak dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 pun disangka bisa kurangi mual serta muntah pada ibu hamil.

Folat (Vitamin B9) 

Zat gizi yang satu ini tentu saja tidak terdengar asing buat ibu hamil. Dalam 100 gr bawang merah, terdapat 30 mikrogram folat. Folat mempunyai banyak faedah buat kesehatan, seperti :

  • - Menahan cacat janin di kandungan, dan bertindak dalam pelihara kesehatan ibu serta janin saat kehamilan. Karenanya tidak ada kelirunya Ibu hamil meningkatkan bawang merah dalam menu makanan keseharian untuk meningkatkan konsumsi folat. 
  • - Beberapa riset mengatakan jika rendahnya kandungan folat di pada tubuh bisa mengakibatkan meningkatnya resiko kanker. Walau masih tetap butuh di teliti selanjutnya, akan tetapi sebaiknya meningkatkan konsumsi asam folat lewat bawang merah pada makanan. 
  • - Dengan vitamin B6 serta B12, folat disangka bertindak dalam menahan penyakit jantung serta stroke. 

Anti-oksidan 

Bawang merah memiliki kandungan anti-oksidan flavonoid, yang menolong membuat perlindungan badan dari radikal bebas dan bisa kurangi resiko terserang kanker, penyakit jantung, serta diabetes. Riset di laboratorium tunjukkan jika ekstrak bawang merah yang memiliki kandungan anti-oksidan ini bisa menghalangi perkembangan sel kanker. Tapi data ini belumlah teruji dengan klinis.

Kalium 

Dalam 100 gr bawang merah, terdapat seputar 330 mg kalium (potasium). Mineral yang disebut salah satunya type elektrolit ini bertindak dalam mengendalikan manfaat saraf, mengendalikan irama detak jantung, serta menahan desakan darah tinggi.
Diluar itu, bawang merah pun memiliki kandungan serat, karbohidrat, serta air. Serat adalah konsumsi nutrisi terpenting yang bisa menolong pelihara kesehatan aliran pencernaan. Satu riset tunjukkan jika wanita dengan diabetes yang biasa konsumsi yoghurt serta bawang merah, mempunyai kandungan gula darah, cholesterol, serta trigliserida yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak konsumsi bawang merah.

Beberapa faedah bawang merah diatas selama ini masih tetap butuh di teliti selanjutnya. Diluar itu, butuh Anda ingat jika untuk memperoleh faedah bawang merah dengan optimal, mesti disertai dengan skema makan serta gaya hidup yang sehat

0 Response to " Tidak hanya Gurih, Faedah Bawang Merah Pun Banyak"

Post a Comment